Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA 3 Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2018

Kristiani Kristiani, Surip Surip

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X MIPA 3 SMA negeri 3 surakarta melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini merupakan penelitain tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan secara kolaborasi anatara peneliti dengan guru mata pelajaran ekonomi. Subjek penelitian adalah peserta
didik kelas X MIPA 3 SMA negeri 3 surakarta yang berjumlah 35. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pemebelajaran Problem Based Learning (PBL). dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Peningkatan kekatifan peserta didik
terlihat pada siklus 1 dari segi mental activities meningkat (presentase pra siklus 10%, siklus I 92%, dan siklus II 98%), keaktifan peserta didik dari segi oral activities (presentase pra siklus 5%, siklus I 88% dan siklus II 97%), keaktifan peserta didik dari segi visual activities (presentase pra siklus 50%, siklus I 91%, dan siklus II 97%), dari segi listening activities ( presentase pra tindakan 50%, siklus I 90% dan siklus II 96%), dari segi writing activities (presentase pra tindakan 15%, siklus I 96%, siklus II 97%). Prestasi belajar peserta didik meningkat pada rata-rata nilai pra siklus 78 dengan presentase ketuntasan 56%, siklus I rata-rata nilai 82,38 dengan presentase ketuntasan 65%, siklus II nilai ratarata 87,5 dengan presentase ketuntasan 89%.

 

Full Text:

PDF

References

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Terj. HLP. Soetjipto, S.M. Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Chakravarthi, S. & Vijayan, P. 2010. Analysist of the psycological impact of problem based learning (PBL) toward self-directed learning among student in undergraduate medical education. International Journal Of Psycological Studies, 2 (1), 38-43.

Chen, K.N., Lin, P.C. & Chang, S.S 2011. Integrating library instruction into a problem-based learning curiculum. Aslib Proceeding, 63 (5), 517-532.

Eggen, P. & Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.

Gijselaers, W.H. & Wilkerso, L. 1996. Connecting problem-based practice with educational theory. New Direction For Teaching and Learning Journal, 68 (3), 116.

Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka

Lie, A. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Meier, D. 2005. The Accelarated Learning Handbook. Terj. Rahmani

Astuti. Bandung: Kaifa.

Pejchinovska, M, & Talevski, D. J. 2013. Pupils’ Activities and Learning Process Effects. Journal of International Scientific Publication: Educational Alternatives, 11 (2), 33-43.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sardiman A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Perss.

Suwandi, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: UNS Press.

Tamimi, N. O. M., & Attamimi, R. A. 2014. Effectiveness of Cooperative Learning in Enhancing Speaking Skills and Attitudes Towards Learning English. International Journal of Linguistics, 6 (4), 27-45.

Tan, S.S & Frank, C.K. 2006. A problembased

learning approach to entrepreneurship education. Educaation

and Training Journal, 48 (6), 416-428.

Yeo, R.K. 2005. Problem based learning in tertiary education: teaching old “dogs” nem tricks? Educational and Training

Journal, 47(7), 506-518.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.