Penerapan Kombinasi Model Inquiry Dengan Bantuan Mind Mapping Pada Pembelajaran Akuntansi di SMK

Risa Alkurnia, Susilaningsih Susilaningsih, Sudiyanto Sudiyanto

Abstract

Tujuan dari penulisan paper ini adalah untuk memberikan suatu analisis deskriptif mengenai penerapan kombinasi model pembelajaran Inquiry dengan Mind Mapping apabila diterapkan dalam pembelajaran Akuntansi. Salah satu kunci keberhasilan pembelajaran adalah penerapan Model pembelajaran yang efektif. Sementara itu masalah mendasar dalam pembelajaran adalah merubah pola pendekatan dari Teacher Center menjadi Student Center. Pemerintah sudah berulang kali mengganti
kurikulum dengan tujuan lulusan yang dihasilkan berkualitas dan dapat bersaing dengan tuntutan jaman. Menghadapi tuntutan perkembangan pendidikan yang makin kompetitif maka kompetensi belajar merupakan prasyarat untuk meningkatkan daya saing lulusan. Secara praktis hasil penulisan dari artikel ini diharapkan mampu memberikan wawasan serta masukan mengenai pengembangan kompetensi akuntansi siswa dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Inquiry dengan Mind Mapping.

Full Text:

PDF

References

Adodo. 2013. Effect Of Mind-Mapping As A Self-Regulated Learning Strategy On Students’ Achievement In Basic Science And Technology. Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol. 4 Issue 6.

hal 163-172.

Ayka, V. 2005. An Application Regarding The Availability Of Mind

Maps In Visual Art Education Based On Active Learning Method. Journal Ataturk Faculty of Education. Vol.174 hal. 1859 – 1866

Blaskova, M. Blasko, R. & Kucharcikova, A. 2014. Competences and Competence Model of University Teachers. Journal of Psychology, Counseling and Guidance. 159. Hal 456-467

Blooms, Benjamin S. 1956. Taxonomy of Educational Objectives : The

Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New

York : Longmans, Green and Co

Carfora, J. M. 2011. Navigating between teaching, learning and

inquiry. International HETL Review, 1, 3–8. Retrieved

from https://www.hetl.org/opinionarticles/teaching-learning-inquiry

[Google Scholar]

Daloz Parks. 2000. Big questions, worthy dreams: Mentoring young adults in their search for meaning, purpose and faith. San Francisco, CA: Jossey-Bass.[Google Scholar]

DePorter, B. 2010. Quantum Teaching. Bandung: Khaifa

Dewey, J. 1916. Democrazy and Education. London: Macmillan.

Dewey, J. 1916. Methods in science teaching. The Science Quarterly, 1, 3– 9.[Google Scholar]

Doherty, A. , Riordan, T. , & Roth, J. 2003. Student learning: A central focus for institutions of higher education. Milwaukee, WI: Alverno College

Institute. [Google Scholar]

Efklides, A. 2011. Interactions of metacognition with motivation and affect in self-regulated learning: The MASRL model. Journal Educational Psychologist.46. pp. 6-25

Hanafiah & Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika aditama

Hudojo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015 Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Ikatan Akuntan Indonesia.

Jensen, E. 2008. Brain Based Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kardi, S. 2003.Merancang Pembelajaran Menggunakan Model Inquiry. UNS,Surabaya.

Kovbasyuk, O. & Blessinger, P. 2013. Meaning-centered education:

International perspectives and explorations in higher education. New

York, NY: Routledge. [Google Scholar]

Lee, V. S. 2013. Supporting students’ search for a meaningful life through inquiry-guided learning. In O. Kovbasyuk & P.Blessinger (Eds.), Meaning-centered education, international perspectives and explorations in higher education. New York, NY: Routledge.[Google Scholar]

Michalko, M. 2010. Memecahkan Kreativitas, Rahasia dari Kreativitas

Kecerdikan (Terjemahan). Yogyakarta : Andi Offset.

Munawir, S. 2010. Analisis laporan Keuangan Edisi keempat. Cetakan

Kelima Belas. Yogyakarta: Liberty

Olivia, F. 2008. Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Pedaste, Maetots, & Sarapuu, T. 2012. Developing an effective support system for inquiry learning in a Web-based environment. Journal of Computer Assisted Learning, 22(1), 47–62.

Rofa'ah. 2016. Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan

Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Permendikbud No. 70 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK

Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung,CV. Alvabeta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. [28] Seyihoglu. 2013. Students' Views on the Mind Mapping Technique in Social Information Lesson of Elementary Scholls. Education Science Faculty Journal. Vol. 46 Issue 2

Shafer, R. Z. 2003. Graphical Knowledge Display-Mind Mapping and Concept Mapping as Efficient Tools in Mathematics Education (translated by Butuner, S.O.) Elementary Education Online

Silberman, M. 2006. Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa

Subramanyam & John, I. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Salemba Empat

Subroto, S. 2000. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. PT. Ardi Mahatya: Jakarta

Sugiarto, I. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir Holistik dan Kreatif. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Suherman, E. 2008. Model Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Budaya. 5. 1-31

Suprijono. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara

Tukiran, T. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung:

Alfabeta

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang Republik Indoneesia Nomor.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.