Eksperimentasi Model Pembelajaran STAD dan JIGSAW Ditinjau dari Motivasi Belajar

Mela Dewi Putri Berlyana, Yunastiti Purwaningsih, Susilaningsih Susilaningsih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dan Jigsaw pada prestasi belajar ekonomi dilihat dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018, sampel penelitian ditentukan dengan teknik
cluster sampling sebanyak 2 kelas. Model pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan metode STAD dan pada kelas kontrol menggunakan metode Jigsaw. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi, tes, dan angket. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis varian dua jalan dengan desain faktorial 2x2 dan taraf signifikan 5%. Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan mengunakan software SPSS 23. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) Adanya perbedaan prestasi belajar ekonomi antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw; (2) Ada perbedaan prestasi belajar ekonomi antara peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw; (3) Adanya interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar ekonomi.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: CV Alfabeta.

Sadirman, A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rajawali Pers.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Khan, G. N. & Inamullah, H. M. 2011. Effect of Student’s Team Achievement Division (STAD) on Academic Achievement of Students. Asian Social Science, 7 (12), 211-215.

Sulastri, Y. & Rochintaniawati, D. 2009. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Biologi di SMP N 2 Cimalaka. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 13 No. 1, hal 15-20.

Wyk, M. V. 2012. The Effects of the STAD-Cooperative Learning Method on Student Achievement, Attitude and Motivation in Economics Education. Journal Social and Science, Vol. 33. No. 2, hal 261-270.

Yusnidar. 2016. Pendekatan Metode Kooperatif Type Jigsaw untuk

Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Materi Tentang Memahami Hadist Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam. Jurnal Visipena, Vol.2 No.2. hal 138-156.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.