Pelatihan Pedagogik Skill berbasis E-learning pada Calon Pendidik (Pre-Service Teacher) di Universitas Sebelas Maret Surakarta

Chairul Huda Atma Dirgatama, Arif Wahyu Wirawan, Isti Setya Rini

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran digital berbasis e-learning, kompetensi pedagogik dan keterampilan mengajar dapat tercapai dengan optimal. Pemecahan masalah dilakukan melalui identifikasi dan inventarisasi yang menyangkut masalah pada praktikum kompetensi pedagogik dan keterampilan mengajar di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pelatihan ini memberikan materi berkaitan dengan upaya mengembangkan pembelajaran digital berbasis e-learning sehingga pembelajaran yang diberikan menjadi lebih interaktif, meningkatkan minat dan kualitas pembelajaran. Guru merupakan faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Guru merupakan jabatan profesional melalui kemampuan akademik, pedagogik, sosial, maupun profesional. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket. Partisipan kegiatan pada calon pendidik Program
Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS sebanyak 192 calon pendidik. Pelatihan ini sangat bermanfaat dalam upaya meningkatkan minat dalam mengikuti pembelajaran melalui digital berbasis e-learning, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal tersebut efektif dalam pembelajaran digital, kompetensi pedagogik dan keterampilan mengajar didukung dengan uji-t dan didapat nilai signifikansi = 0,014 < 0,05 sehingga menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan.

Full Text:

PDF

References

Aliyu, M.B. 2012. Integrating eLearning in Technical and Vocational

Education: A Technical Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 2, No. 5.

Anonim. 2005. Undang-Undang Guru dan Dosen UU RI Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta.

Aypay, A., Celik, H.C. & Aypay, A. 2012. Technology acceptance in

education: A study of pre-service teachers in turkey. The Turkish Online

Journal of Educational Technology, Vol. 11, No. 4.

Bhakti, Caraka. 2016. Strategi LPTK Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan,Vol. 1, No. 2.

Cheng, Y.C. 2005. New Paradigm for Reengineering Education. Netherlands: Springer.

Clark., et.al. 2011. E-learning and The Science of Instruction (3rd-ed). U.S.A: Pfeiffer.

Hanum, Numiek. 2013. Keefektifan elearning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran elearning SMK telkom sandhy putra purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi,Vol. 3, No. 1.

Intan, Ahmad. 2016. Arah & Kebijakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi: Kurikulum dan Sistem Pembelajaran LPTK. Makalah Disampaikan di Konferensi Nasional Pendidikan (KONASPI) ke VIII di Universitas Negeri Jakarta.

Jan, P., Lu, H. & Chou, T. 2012. The adoption of e-learning: An institutional theory perspective. The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 11, No. 3.Munir. 2009.Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nugraheni, Endang. 2009. Peran dan Kompetensi Guru dalam E-Learning. Jurnal Pendidikan, Vol 10, No 2.

Rogers, L. & Finlayson, H. 2004. Developing successful pedagogy with information and communications technology: How are science teachers meeting the challenge?. Journal Technology, Pedagogy and Education, Vol. 13, No. 3.

Rusman. 2011. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Sahin. 2010. Development and Factor Analysis of an Instrument to Measure Preservice Teachers’ Perceptions of Learning Objects. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, Vol. 6, No. 4.

Seok, Soonhwa. 2008. The aspect of elearning. International Journal on ELearning, Proquest, Vol. 7, No. 4. [15] Sisco, Ashley. 2010. Nations First for elearning of effectiveness the Optimizing. Ottawa: The Conference Board of Canada.

Smaldino. 2008. Instructional technology and media for learning.

New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Vargas, Nelson., Xuamei Tian. 2013. E-Learning: Much More than a Matter of Technology. International Journal of e-Education, e-Business, eManagement and e-Learning, Vol. 3, No. 3.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.