Efisiensi Penataan Ruang Kantor dalam Menunjang Kinerja Karyawan

Zenitzca Syaputri Kusumawardhany, Iis Nawati, Tri Wida Yanti, Lelahester Rina

Abstract

Kinerja karyawan saat ini menjadi hal yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan dalam menjalankan setiap tugas dan tanggungjawab pekerjaan. Banyaknya organisasi yang menjalankan kegiatan operasional kantor tanpa melihat faktor yang dapat meingkatkan kinerja karyawan. Penatan ruang kantor dapat digunakan sebagai salah satu solusi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi dalam penataan ruang kantor dalam menunjang kinerja karyawan. Metode penelitian ini menggunakan studi literature. Sumber yang digunakan adalah data sekunder melalui penelaahan literatur dari berbagai buku maupun publikasi relevan yang tersedia pada jurnal bereputasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa penataan ruang kantor yang efisien menunjang hasil kinerja karyawan menjadi optimal. Penataan ruang kantor yang baik berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan karena memperlancar komunikasi, mempermudah koordinasi, membantu dalam pengawasan sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja karyawan. Penelitian ini berimplikasi pada manajemen perkantoran perlu mengupayakan penataan ruang kantor agar disesuaikan dengan teori yang ada. Dalam hal ini pimpinan maupun pihak yang berwenang dalam manajemen kantor perlu memperhatikan faktor-faktor dalam penataan ruang seperti penempataan alat kantor, sirkulasi udara, cahaya yang masuk, suara atau kebisingan, warna, keindahan, dan keamanan kantor. Dengan mempertimbangkan unsur-unsur dalam penataan ruang kantor tujuan organisasi dapat tercapai sesuai yang diharapkan.

 

Kata Kunci: efisiensi, tata ruang kantor, kinerja karyawan

Full Text:

PDF

References

Atmam, & Zulfahri. 2015. Analisis Intensitas Penerangan dan Penggunaan Energi Listrik di Laboratorium Komputer Sekolah Dasar Negeri 150 Pekanbaru. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri , Vol. 13 No. 1 Tahun 2015. 1-8.

Damayanti, D. J. 2015. Administrasi dan Operasional Perkantoran. Bandung: Alfabeta.

Hapsari, D. R., Santosa, D., & Dyah, C. 2017. Analisis tata ruang kantor (studi kasus di kantor dinas pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten Boyolali). infromasi dan komunikasi administrasi perkantoran, Vol 1(1) 2017, 85-99.

Haryadi, H. 2009. Administrasi Perkantoran Untuk Manajemen Staf . Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka.

Mustikaningtyas, I., Sawiji, H., & Rahmanto, A. N. 2017. Pengaruh Tata Ruang Kantor Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Tata Usaha SMK Negeri Se-Kabupaten Boyolali. Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, Vol. 1 No. 1 Tahun 2017. 125-136.

Nuraida, I. 2008. Manajemen Administrasi Perkantoran . Yogyakarta: Kanisius.

Nuraida, I. 2014. Manajemn Administrasi Perkantoran (Edisi revisi). Yogyakarta: Kanisius.

Nurkaydah, F. S. 2016. Analisis Tata Ruang Kantor Pada PT. Traktor Nusantara Cabang Medan . Bisnis Administrasi , Vol. 5 No. 2 Tahun 2016. 25-32.

Nursiswanto, S. d. 2014. Pengaruh Tata Ruang Kantor Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Sosial Kota Cimahi. ilmu Administrasi, Vol 9(3), 501-510.

Prasetya,E.D. 2016. Dampak Fasilitas Kantor dan Lingkungan Kerja pada Kinerja Karyawan Universitas Atma Jaya Yogjayakarta. Ejournal UAJY.

Safitri, E. 2013. Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. ilmiah Manajemen, Vol 1. No. 4 tahun 2013. 1-11.

Sayuti, A. J. 2013. Manajemen Kantor Praktis. Bandung: Alfabeta.

suardi, S. 2014. Studi Tentang Tata Ruang Kantor Untuk Mencapai Efisiensi Kerja Pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda . Administrasi Negara , Vol 4 (2), 1182-1196.

Sulistari, L. R. 2014. Tata Ruang Kantor Penunjang Efisiensi Kerja Pada Kantor Tata Usaha Di SMK Negeri 1 Salatiga. Satya Widya, Vol 30(2), 112-120.

Umam, K. 2014. Manajemen Perkantoran (Referensi untuk Para Akademisi dan Praktisi). Bandung: Pustaka Setia.

Yuniarsih, W. A. 2017. Dampak Tata Ruang Kantor Terhadap Efektivitas Pegawai Dinas Pendidikan Kota Bandung . Pendidikan Manajemen Perkantoran , Vol. 1 No. 1 Tahun 2017. 1-8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.