QUICK WINS : MEKANISME LAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Fitrotun Niswah, Eva Hany Fanida

Abstract

embangun kepercayaan masyarakat dalam penyediaan layanan publik
sangat penting untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Masyarakat
yang dilayani harus bisa merasakan pelayanan yang optimal dalam wujud
pelayanan prima dengan prinsip mengutamakan pelanggan, sistem yang
efektif, melayani dengan hatinurani, perbaikan berkelanjutan dan
memberdayakan pelanggan. Meningkatkan pelayanan yang adil dan merata
merupakan wujud komitmen pemerintah terhadap masyarakat pada
umumnya. Ketidaksiapan untuk menanggapi terjadinya transformasi nilai yang
kompleks dan dampak berbagai masalah pembangunan serta Reformasi
birokrasi akan mendorong terwujudnya penerapan prinsip - prinsip clean
government dan good governance yang secara universal diyakini menjadi
prinsip yang diperlukan untuk memberikan pelayanan prima kepada
masyarakat. Di dalam reformasi birokrasi terdapat beberapa area perubahan
yang setiap perubahannya dapat memberikan dampak antara lain pada
penurunan praktek KKN, meningkatnya kualitas pengelolaan kebijakan dan
pelayanan publik, meningkatnya produktivitas aparatur, meningkatnya
kesejahteraan pegawai negeri dan hasil - hasil pembangunan secara nyata
dirasakan oleh seluruh masyarakat. Kondisi tersebut akan dicapai melalui
berbagai upaya antara lain dengan penerapan pelayanan prima melalui quick
wins. Melalui quick wins diharapkan didapatkan momentum awal yang positif
dan juga kepercayaan diri untuk selanjutnya melaksanakan reformasi birokrasi
secara konsisten dan berkelanjutan. Keluaran dari pelaksanaan quick wins
adalah perbaikan sistem dan mekanisme kerja atau produk utama
Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang sesuai dengan peran,
tupoksi dan karakteristik masing-masing.

Full Text:

PDF

References

Barata, Atep Adya. 2004. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT Elex

Media Komputindo, Cetakan Kedua.

Daryanto dan Setyobudi, Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima.

Yogyakarta : Gava Media.

Islamy, M. Irfan. 2011. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara.

Jakarta : Bumi Aksara.

Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta : Graha

Ilmu.

Sinambela, Lijan P. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT. Bumi

Aksara, Cetakan Ke-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.