PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI)

Mirana Sari, Wisudani Rahmaningtyas, Ismiyati Ismiyati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran
KKPI dilihat dari sudut perencanaan/persiapan, pelaksanaan, dan hasil
pembelajaran (output) sehingga dapat dilakukan penelitian kualitatif dengan
mendeskripsikan pembelajaran KKPI sebagai rekomendasi peningkatan mutu
pendidikan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang
diperoleh pada perencanaan dan persiapan pembelajaran KKPI adalah guru
membuat program tahunan, program semester, silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) sesuai kurikulum KTSP.Untuk pelaksanaannya guru sudah
cukup mampu mengaplikasikan kegiatan sesuai dengan yang direncanakan
dalam RPP, meskipun dalam pelaksanaan proses pembelajaran masih ada
beberapa kegiatan yang tidak dilakukan sesuai dengan RPP. Hasil
pembelajaran (output) secara keseluruhan nilai yang diperoleh siswa dalam
nilai tes tertulis saat Ulangan Tengah Semester maupun Ulangan Kenaikan
Kelas secara menyeluruh dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
kemudian di hasil keseluruhan menjadi di atas KKM. Berdasarkan hasil
penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam perencanaan dan
persiapan, guru sudah cukup baik.Kemudian untuk pelaksanaan/proses
pembelajaran sebaiknya guru bersikap konsisten dalam mengaplikasikan
kegiatan sesuai perencanaan. Hasil pembelajaran yang berupa nilai siswa
kelas X, perlu dirinci secara sistematik dan terprogram sehingga guru lebih
mengetahui perkembangan siswa di setiap Kompetensi Dasar.

Full Text:

PDF

References

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto, Haji. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Destianingtyas. 2013. “Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan

Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) pada Siswa Kelas XI di SMK

Texmaco Pemalang”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Semarang.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar

Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mardani, Agus. 2013. “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif

Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi untuk Sekolah

Menengah Kejuruan Kelas XI”. Dalam Indonesian Jurnal on Computer

Science-Speed-IJCSS, Volume 10, No. 4. November 2013. Solo:

Universitas Negeri Surakarta.

Mintana, Anjrah & Adi Wijaya. 2008. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Untuk SMK dan MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20

Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.