PELUNAKAN TEMPURUNG KELAPA DENGAN PROSES KIMIAWI UNTUK BAHAN BAKU KERAJINAN TANGAN

Agung Eko Sucahyono

Abstract

Saat ini, seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan, produk-produk kontemporer dari material alam semakin diminati. Tempurung kelapa sebagai material alam pun semakin memiliki peluang dalam pengembangannya sebagai produk bernilai jual. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan teknik pelunakan tempurung kelapa yang optimal. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian di laboratorium untuk mendapatkan formulasi teknologi pelunakan tempurung kelapa dengan teknik perebusan dengan bahan NaOH dan air Kemudian sifat fisik tempurung kelapa awal dibandingkan dengan tempurung kelapa hasil pelunakan perebusan air dan NaOH, berdasarkan perubahan tebal, kelengkungan dan sudut kelengkungan tempurung kelapa. Langkah selanjutnya adalah membandingkan hasil uji secara fisik tempurung kelapa hasil pelunakan dengan teknik perebusan NaOH dan perebusan air yaitu berdasarkan perubahan tebal, kelengkungan dan sudut kelengkungan tempurung kelapa. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah pelunakan tempurung kelapa dengan perebusan dengan air selama 120 menit, mempunyai hasil yang lebih signifikan, daripada 30, 60, dan 90 menit. Proses pelunakan dengan perebusan NaOH memberikan dampak yang signifikan terhadap bentuk tempurung kelapa yaitu tempurung kelapa menjadi lebih lunak dan lebih lurus daripada perlakuan perebusan dengan air

Keywords

tempurung kelapa, NaOH, pelunakan

Full Text:

PDF

References

S. Jamilatun and M. Setyawan, “Pembuatan Arang Aktif dari Tempurung Kelapa dan Aplikasinya untuk Penjernihan Asap Cair,” Spektrum Ind., vol. 12, no. 1, p. 73, 2014.

G. Sanjaya, A. Santosa, and J. F. Poilot, “Perancangan Kursi Santai Berbahan Dasar Tempurung Kelapa Untuk Kolam Renang Di Area Tropis Lembab,” Intra, vol. 6, no. 2, pp. 531–535, 2018.

D. Pugersari, A. Syarief, and D. Larasati, “Eksperimen Pengembangan Produk Fungsional Bernilai Komersial Berbahan Baku Tempurung Kelapa Berusia Muda dengan Teknik Pelunakan,” ITB J. Vis. Art Des., vol. 5, no. 1, pp. 74–91, 2013.

P. N. Trisanti, S. S. H. P, E. Nura’ini, and Sumarmo, “Ekstraksi Selulosa dari Serbuk Gergaji Kayu Sengon melalui Proses Delignifikasi Alkali Ultrasonik,” J. Sains Mater. Indones., vol. 19, no. 3, pp. 113–119, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.