Penerapan Alat Bantu Pull Buoy untuk Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya dada pada peserta didik kelas VIII A SMP N 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII A SMP N 1 Surakarta yang berjumlah 32 peserta didik. Sumber data diperoleh dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis deskriptif kuantitatif. Prosedur penelitian dilaksanakan secara partisipatif atau kolaboratif antara (guru dengan tim lainya) bekerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan alat bantu pelampung pull buoy, sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya dada pada peserta didik kelas VIII A SMP N 1 Surakarta. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Berdasarkan data kondisi awal (observasi pra penelitian) adalah 46,87%. Hasil belajar renang gaya dada pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 71,87% atau sebanyak 23 peserta didik sudah masuk kriteria tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar pesserta didik dalam kategori tuntas sebesar 93,75% atau sebanyak 30 peserta didik sudah masuk kriteria tuntas sedangkan 2 peserta didik lainnya belum tuntas dengan KKM 75. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran dengan alat bantu dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar renang gaya dada pada peserta didik kelas VIII A SMP N 1 Surakarta.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Renang Gaya Dada, Alat Bantu Pull Buoy
Full Text:
PDFReferences
Ardiyansyah, S., Abduloh, & Nasution, N. S. (2020). Efektifitas pelaksnaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MTs Persis 96 Garut. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2), 121–130. https://journal.unsika.ac.id/index.php/J LO Jurnal
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
David G.Thomas, M. (1998). Renang Tingkat Pemula. PT Raja Grafindo Persada.
Dewayani. (2010). Belajar Berenang. Aneka Ilmu.
Gani, R. A., Nugroho, S., & Afrinaldi, R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Renang Gaya Dada. Jurnal Speed Unsika, Vol 2(1), 52–80.
DOI: https://doi.org/10.20961/smsp.v25i2.99816
Refbacks
- There are currently no refbacks.