Analisis Bibliometrik pada Penelitian Sports Coaching dan Physical Education (Pe) dengan Menggunakan Applikasi Vosviewer
Abstract
Penelitian ini mengkaji perkembangan penelitian sports coaching and physical education research melalui pendekatan bibliometrik dengan analisis pemetaan komputasional menggunakan VOSviewer. Data artikel diperoleh dari database Google Scholar menggunakan aplikasi publish or perish reference manager. Judul dan abstrak artikel digunakan untuk memandu proses pencarian dengan mengacu pada kata kunci “Sports Coaching and Physical Education”. Ditemukan 998 artikel yang dianggap relevan. Artikel publikasi yang digunakan sebagai bahan kajian adalah artikel terindeks Google Scholar selama 10 tahun terakhir dari 2012 Sd 2022. Hasil analisis perkembangan sports coaching and physical education menunjukkan peningkatan yang cukup sering dan stabil di tahun 2012 hingga 2014. Tahun 2015 hingga 2018 terjadi fluktasi cukup tinggi berurutan dari 83, 105, 116 dan 127 publikasi per tahun. Pada tahun 2019 mengalami penurunan dengan jumlah publikasi 109 hingga meningkatkan kembali mencapai jumlah publikasi 114 di tahun 2020 meskipun tidak lebih tinggi peningkatannya dari tahun 2018. Pada tahun 2020-2022 terjadi penurunan penelitian yaitu dari jumlah 114 penelitian (2020) menjadi 32 penelitian (2022). Sedangkan penelitian sports coaching and physical education popular dilakukan pada tahun 2018 yaitu sebanyak 127 penelitian. Kami menganalisa dan mememukan banyak artikel yang telah diterbitkan tentang sports coaching and physical education serta hubungannya dengan area lain yang terhubung dengan menggunakan Vosviewer. Hasil analisis ini dapat menjadi titik awal untuk melakukan penelitian terkait dengan banyak topik lainnya.
Kata kunci: Bibliometrik, Sport Coaching, Physical Education (PE), Vosviewer.
Full Text:
PDFReferences
Al Husaeni, D.F.; and Nandiyanto, A.B.D. (2022). Bibliometric using Vosviewer with Publish or Perish (using google scholar data): From step-by- step processing for users to the practical examples in the analysis of digital learning articles in pre and post Covid-19 pandemic. ASEAN Journal of Science and Engineering, 2(1), 19-46.
Al Husaeni, D.F.; and Nandiyanto, A.B.D. (2022). Bibliometric using Vosviewer with Publish or Perish (using google scholar data): From step-by- step processing for users to the practical examples in the analysis of digital learning articles in pre and post Covid-19 pandemic. ASEAN Journal of Science and Engineering, 2(1), 19-46.
Andrade, A., Dominski, F. H., & Coimbra, D. R. (2017). Scientific production on indoor air quality of environments used for physical exercise and sports practice: Bibliometric analysis. Journal of Environmental Management, 196, 188-200.
Andrade, D. C., López, B. A., Ramírez-Campillo, R., Beltrán, A. R., & Rodríguez, R. P. (2013). Bibliometric analysis of South American research in sports science from 1970 to 2012. Motriz: Revista de Educação Física, 19, 783-791.
Ascione, A., Di Palma, D., & Napolitano, S. (2018). Social inclusion and education through sport and technology. Sport Science, 11(1), 52-56.
Azizah, N.N.; Maryanti, R.; and Nandiyanto, A.B.D. (2021). How to search and manage references with a specific referencing style using google scholar: From step-by-step processing for users to the practical examples in the referencing education. Indonesian Journal of Multidisciplinary Research, 1(2), 267-294.
Belfiore, P., Ascione, A., & Di Palma, D. (2020). Technology and sport for health promotion: A bibliometric analysis. Journal of Human Sport & Exercise, 15(4).
Cardinal, B. J., Yan, Z., & Cardinal, M. K. (2013). Negative experiences in physical education and sport: How much do they affect physical activity participation later in life?. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 84(3), 49-53.
Cheon, S. H., Reeve, J., & Moon, I. S. (2012). Experimentally based, longitudinally designed, teacher-focused intervention to help physical education teachers be more autonomy supportive toward their students. Journal of Sport and Exercise Psychology, 34(3), 365-396.
Crova, C., Struzzolino, I., Marchetti, R., Masci, I., Vannozzi, G., Forte, R., & Pesce, C. (2014). Cognitively challenging physical activity benefits executive function in overweight children. Journal of sports sciences, 32(3), 201-211.
Cushion, C., Ford, P. R., & Williams, A. M. (2012). Coach behaviours and practice structures in youth soccer: Implications for talent development. Journal of sports sciences, 30(15), 1631-1641.
Refbacks
- There are currently no refbacks.