PENGARUH MODIFIKASI BERMAIN TERHADAP GERAK LANGKAH SISWA TUNAGRAHITA SLB NEGERI JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi bermain terhadap gerak langkah siswa tunagrahita SLB Negeri Jombang. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain A1-B-A2. Subjek penelitian ini merupakan siswa tunagrahita ringan kelas kecil di SLB Negeri Jombang. Teknik pengumpulan data mengunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar berjalan di atas garis lurus dalam memperbaiki gerak langkah siswa tunagrahita ringan, sedangkan observasi di gunakan pengambilan data dalam penelitian di mana peneliti melihat situasi penelitian. Data persentase yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif lalu disajikan dalam bentuk tabel dan grafik garis. Komponen yang dianalisis adalah analisis dalam kondisi dan analisis antarkondisi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh modifikasi bermain terhadap gerak langkah siswa tunagrahita SLB Negeri Jombang. Mengalami peningkatan persentase dalam berjalan di atas garis lurus untuk memperbaiki gerak langkah siswa tunagrahita. Adanya peningkatan nilai persentase kemampuan subjek berjalan di atas garis lurus yang terlihat dari hasil tes sebelum dan setelah diberikan perlakuan, dengan perbandingan nilai rata-rata pada tes awal 31% dan tes akhir 84%. Terjadi peningkatan jumlah persentase dari fase baseline ke fase intervensi yang mengindikasikan penurunan sedentary behavior tahap baseline A1 ke tahap intervensi B peningkatan jumlah langkah sebesar (+68%) dan terjadi 0% overlapping data. Dan terjadi penurunan jumlah persentase tahap baseline B intervensi ke tahap baseline A2 sebesar (0%) dan terjadi 0% overlapping data.
Kata kunci: Gerak Langkah, Modifikasi Bermain.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, I. (2016). Profesional Judgement.
Diah Nuratin. (2013). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Edo Rizky Wiyono, 2015. (2013). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Erna Wati, 2015. (2016). Keefektifan Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Gerak Benda Pada Siswa Tunanetra Kelas III Tingkat Dasar Di SLB Sekar Melati Muhammadiyah imogiri, Bantul, Yogyakarta.
Hanief Yulingga Nanda,Hendra Mashuri, dan T. B. A. S. (2010). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 3(76), 161–166.
Igak Wardani, 2014. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.
JUNAEDI, A. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.
Lasmaida, R. (2016). Meningkatkan Keseimbangan Dinamis Berjalan Di Atas Garis Lurus Di TK A ABA Krajan Yogyakarta.
Mulyani, E. T. (2019). PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP MOTORIK. 2(2), 49–58.
Padangsidimpuan, I. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. 03(2), 333–352.
Paramitha, S. T., & Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41.
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19.
Ratnaningsih, 2014. (2014). Pengunaan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN NOGOPURO, SLEMAN.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Reseach and Development (S. Y. Suryandari (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005).Pengantar Penelitian Subyek Tunggal.
Sunhaji, S. (1970). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46.
Susanto, N. (2017). Hakikat Dan Signifikansi Permainan. Jendela Olahraga, 2(1), 99–104.
Wijanarko, D. R. (2017). PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN SEPAKBOLA TERHADAP MOTIVASI SISWA ( STUDI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CANDI SIDOARJO ) Dwi Rizki Wijanarko Nanang Indriarsa Abstrak. Dwi Rizki Wijanarko, 591–594.
Refbacks
- There are currently no refbacks.