PETA MUTU PENDIDIKAN KOTA PONTIANAK

Nursandi Mulato, Ahmad Setiandika Adirahma

Abstract

Tujuan Penelitian ini sebagai bahan masukan potret mutu Pendidikan disetiap jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Sebagai bahan evaluasi  untuk pengambilan kebijakan bagi pemerintah daerah. Sebagai bahan pertimbangan penyusunan program dan pengembangan pendidikan di wilayah Kota Pontianak. Ruang penelitian ini adalah peta mutu yang dicapai oleh satuan pendidikan di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tidak termasuk satuan pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) dan Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK). Hasil penelitian ini memperoleh data sebagai berikut; Jumlah Sekolah 1 344, Sekolah Yang Mengirim Data PMP 1 261, Sekolah Yang Terpetakan 1 260, Presentase Sekolah Yang Terpetakan 93,75%.

 

Kata kunci: Peta mutu Pendidikan, Kota Pontianak

Full Text:

PDF

References

Buzan, T. (2006). Mind Map untuk Meningkatkan kreativitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

http://statistik.data.kemdikbud.go.id

Mukhtar & Iskandar. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan kedua Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)

Permendikbud Nomor 14 Tahun 2015 tanggal 8 Juni 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2016 tentang Rincian Tugas Unit Kerja Di Lingkungan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)

Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK

Rezkita, S. (2014). Aplikasi Peta Pikiran (Mind Mapp) Dalam IPA Untuk Merangsang Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan ke-SD-an. Vol. 1, No. 1

Sari, S. A & Halimatun.S. (2016). The Development of Mind Mapping Media in Flood Material using ADDIE Model. Journal of Education and Learning. Vol. 10, No. 1

Saputro, A. R. & Basori. (2017). The Aplication of Mapping Learning Model to Improve the Students. ICCTC. Vol. 4, No. 1

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.