Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Futsal Melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020

Dicky Alfindana, Qorby Haqqul Adam, Nofa Arief Wibowo

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar futsal melalui pendekatan bermain pada siswa kelas X  SMK Negeri 1 Pacitan Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini sendiri merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas X SMK Negeri 1 Pacitan yang berjumlah 28 siswa terdidi dari 12 siswa putra dan 16 putri. Data ini berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan angket. Untuk validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data ini menggunakan teknik deskriptif berdasarkan pada analisis kualitatif berdasarkan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian analisis diperoleh hasil belajar futsal siswa pada siklus I dari 28 siswa mencapai 61,70 % atau sebanyak 16 siswa yaitu sudah masuk kriteria tuntas , Pada siklus II meningkat mencapai 84,80 %atau sebanyak 23 siswa sedangkan 5 siswa belum tuntas dengan KKM 75. Hasil penelitian ini memperoleh simpulan bahwa dengan metode pendekatan bermain bisa meningkatkan hasil belajar futsal pada siswa kelas X zSMK Negeri 1 Pacitan Tahun pelajaran 2019/2020

 

Kata Kunci : Hasil belajar futsal, Pendekatan Bermain, Pembelajaran futsal

Full Text:

PDF

References

Agus Kristiyanto. (2010).Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga. Surakarta : UNS Press

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Benny A. Pribadi (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Danny Kosasih. (2008) Fundamental Basketball First Step To Win. Semarang: Karangturi Media

Danu Hudaya. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Futsal. Jakarta : Depdiknas.

Griffin ,L. L. & Butler, J.I.(Eds). (2005). Teaching Game for Understanding.USA:Human Kinetics

Hendra Pranata. 2011. Perbedaan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Drill dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putra Kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Ngawi: Universitas Sebelas Maret.

Imam Sodikun. (1992). Olahraga Pilihan Futsal. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Mayke S. Tedjasaputra. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan.Jakarta : Gramedia

M. Furqon Hidayatullah. (2008). Mendidik Anak dengan Bermain. Buku Pegangan Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Universitas Sebelas Maret Ngawi

Nana Sudjana.(2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Nuril Ahmadi. (2007). Permainan Futsal. Ngawi : Era Intermedia.

Rusli Lutan. (1998). Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Rusli Lutan dan Suherman, A. (2000). Pengertian Pendekatan Bermain. Diperoleh 15 Januari 2015 dari http://mari-berkawand. blogspot.com/2011/08/ pengertian-pendekatan-bermain.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.