PENGARUH METODE PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING PADA SEKOLAH SEPAKBOLA ASRI GEMOLONG SRAGEN KELOMPOK UMUR 13-14 TAHUN

Y.L Lambang Adiatmoko, Rumi Iqbal Doewes

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan  kemampuan passing bawah  dengan  metode  pendekatan  bermain  pada  sekolah  sepakbola  ASRI Gemolong  kelompok  umur  13-14  tahun.  Subjek  penelitian  dalam  penelitian  ini  adalah peserta  didik  sekolah  sepakbola  ASRI  Gemolong  Sragen  kelompok  umur  13-14  tahun yang  berjumlah  20  anak.  Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  Penelitian  Pra-Eksperimen  yang  dilaksanakan  dengan  desain  adalah  One  Group  Pretest-Posttest Design.  Teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  dengan  tes  dan pengukuran  kemampuan  passing.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  Analisis Statistik  Inferensial.  Hasil  penelitian  adalah  sebagai  berikut  ini,  Metode  pendekatan bermain  memberikan  pengaruh  terhadap  kemampuan  passing pada  sekolah  sepakbola ASRI  Gemolong  Sragen  kelompok  umur  13-14  tahun  yang  bisa  dilihat  dari  hasil perbandingan  secara  inferensial  terjadi  peningkatan  signifikan  passing  sepakbola menggunakan  metode  bermain  yakni  poin pada tes  awalnya sebesar 7.35 menjadi 9.85 poin saat  tes  akhir,  sehingga  peningkatan  sebesar  2.5(34.014%).  Kesimpulan  dari penelitian  ini  adalah  berdasarkan  hasil  analisis  data  dan  pembahasan  dapat  ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode pendekatan bermain  yang benar pada peserta didik Sekolah Sepakbola ASRI Gemolong Sragen kelompok umur 13-14 tahun dapat  meningkatkan  kemampuan  passing  yang  baik  hal  ini  dibuktikan  dengan  nilai  probabilitas uji statistik sebesar 0.000< 0.05.

Kata Kunci: kemampuan passing sepakbola, metode pendekatan bermain

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.