PENGARUH METODE PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING PADA SEKOLAH SEPAKBOLA ASRI GEMOLONG SRAGEN KELOMPOK UMUR 13-14 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan passing bawah dengan metode pendekatan bermain pada sekolah sepakbola ASRI Gemolong kelompok umur 13-14 tahun. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik sekolah sepakbola ASRI Gemolong Sragen kelompok umur 13-14 tahun yang berjumlah 20 anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pra-Eksperimen yang dilaksanakan dengan desain adalah One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes dan pengukuran kemampuan passing. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini, Metode pendekatan bermain memberikan pengaruh terhadap kemampuan passing pada sekolah sepakbola ASRI Gemolong Sragen kelompok umur 13-14 tahun yang bisa dilihat dari hasil perbandingan secara inferensial terjadi peningkatan signifikan passing sepakbola menggunakan metode bermain yakni poin pada tes awalnya sebesar 7.35 menjadi 9.85 poin saat tes akhir, sehingga peningkatan sebesar 2.5(34.014%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode pendekatan bermain yang benar pada peserta didik Sekolah Sepakbola ASRI Gemolong Sragen kelompok umur 13-14 tahun dapat meningkatkan kemampuan passing yang baik hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitas uji statistik sebesar 0.000< 0.05.
Kata Kunci: kemampuan passing sepakbola, metode pendekatan bermain
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.