UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI MANGKUYUDAN NO.02 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Sepakbola Melalui Pendekatan Bermain Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Mangkuyudan No.02 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan siklus ini terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Mangkuyudan No.02 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 18 siswi putri. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif persentase. Hasil analisis menunjukan bahwa menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah sepakbola dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar passing bawah sepakbola pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 63,33% atau sebanyak 19 siswa dari 30 siswa. Peningkatan hasil belajar passing bawah sepakbola juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 93,33% atau sebanyak 28 siswa yang tergolong kriteria Lulus dengan KKM 75 dan 2 siswa lainnya tergolong dalam kategori Tidak Lulus. Simpulan penelitian ini adalah melalui Pendekatan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar Passing Bawah Sepakbola pada peserta didik kelas V SD Negeri Mangkuyudan No.02 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Passing bawah sepakbola, Metode Pendekatan Bermain, Hasil Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.