UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA “SCHNEPPER” MENGUNAKAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS X MIA 1 SMA N 1 BANYUDONO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019

Singgih Bagus Kurniawan, Budhi Satyawan

Abstract

Tujuan  Penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  lompat jauh  gaya  schnepper  pada  siswa  kelas  X  MIA  I  SMA  N  1  Banyudono  Boyolali  tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini  dilaksanakan  dalam  dua  siklus,  dengan  tiap  siklus  terdiri  atas  perencanaan, pelaksanaan  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  adalah  siswa  kelas  X MIA  I  SMAN  1  Banyudono  Boyolali  yang  berjumlah  26  siswa  yang  terdiri  dari  10 siswa  putra  dan  16  siswa  putri.  Sumber  data  berasal  dari  guru,  siswa  dan  peneliti. Teknik  pengumpulan  data  adalah  dengan  observasi  dan  dokumentasi  atau  arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif  komparatif  dengan  menggunakan  teknik  presentase  untuk  melihat kecenderungan  yang  terjadi  dalam  kegiatan  pembelajaran.  Hasil  analisis  data  dapat disampaikan  sebagai  berikut:  hasil  belajar  lompat  jauh  gaya  schnepper  siswa  pada Siklus  I  dari  26  siswa  mencapai  61,54%  atau  sebanyak  16  siswa  sudah  masuk  kriteria tuntas  dan  pada  Siklus  II  meningkat  mencapai  84,62%  atau  sebanyak  22  siswa sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75.  Dari hasil analisis data di atas dapat  disimpulan  bahwa  penggunaan  gaya  mengajar  inklusi  dapat  meningkatkan  hasil belajar  lompat  jauh  gaya  schnepper  pada  siswa  kelas  X  MIA  I  SMA  N  1  Banyudono  Boyolali tahun pelajaran 2018 / 2019. 

Kata  Kunci  :  Hasil  Belajar,  Lompat jauh  gaya schnepper, Penggunaan  gaya mengajar inklusi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.