UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA “SCHNEPPER” MENGUNAKAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS X MIA 1 SMA N 1 BANYUDONO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya schnepper pada siswa kelas X MIA I SMA N 1 Banyudono Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA I SMAN 1 Banyudono Boyolali yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 16 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar lompat jauh gaya schnepper siswa pada Siklus I dari 26 siswa mencapai 61,54% atau sebanyak 16 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 84,62% atau sebanyak 22 siswa sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75. Dari hasil analisis data di atas dapat disimpulan bahwa penggunaan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya schnepper pada siswa kelas X MIA I SMA N 1 Banyudono Boyolali tahun pelajaran 2018 / 2019.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Lompat jauh gaya schnepper, Penggunaan gaya mengajar inklusi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.