UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT DENGAN PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA ELAS 2 SD NEGERI 01 KARANGJATI KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar lompat melalui penerapan alat bantu pada siswa kelas 2 SD Negeri 01 Karangjati Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari tes dan observasi. Penelitian ini mengambil siswa kelas II SD Negeri 01 Karangjati, Kalijambe, Sragen tahun pelajarn 2015/2016 dengan subjek penilitian sebanyak 19 siswa. Tindakan penggunaan pendekatan bermain diketahui hanya 38,24% atau 7 siswa yang mencapai nilai 68. Berdasarkan hasil belajar siswa dalam gerak dasar lompat, siswa yang berhasil mencapai batas ketuntasan minimum nilai pada angka 68 untuk hasil gerak dasar lompat sebanyak 7 siswa atau 36,85% dan sebanyak 12 siswa atau 63,15% belum mencapai batas ketuntasan minimum. Selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus I, yaitu menjadi sebanyak 11 siswa atau 57,89% telah mencapai KKM dan sebanyak 8 siswa atau 42,10% belum tuntas. Hasil belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu sebanyak 16 siswa atau 84,22% tuntas dan 3 siswa atau 15,78% belum mencapai kriteria tuntas. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan gerak dasar lompat, karena pada permainan sudamanda dan melalui berbagai alat bantu yang ada terdapat sikap awal, gerakan tangan sikap di udara dan sikap saat mendarat.
Kata Kunci: Gerak Dasar Lompat dengan Penerapan Alat Bantu Pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.