UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT DENGAN PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA ELAS 2 SD NEGERI 01 KARANGJATI KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ery Yadi Nur Utomo

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  untuk  mengetahui  peningkatan  hasil  belajar  gerak dasar lompat melalui penerapan alat bantu pada siswa kelas 2 SD Negeri 01 Karangjati Kalijambe  Sragen  tahun  pelajaran  2015/2016.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah metode  penelitian  tindakan  kelas  (PTK),  teknik  pengumpulan  data  dalam  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari tes dan observasi. Penelitian ini mengambil siswa kelas II SD Negeri 01 Karangjati, Kalijambe, Sragen tahun pelajarn 2015/2016 dengan subjek  penilitian  sebanyak  19  siswa.  Tindakan  penggunaan  pendekatan  bermain diketahui hanya 38,24% atau 7 siswa yang mencapai nilai 68. Berdasarkan hasil belajar siswa  dalam  gerak  dasar  lompat,  siswa  yang  berhasil  mencapai  batas  ketuntasan minimum  nilai  pada  angka  68  untuk  hasil  gerak  dasar  lompat  sebanyak  7  siswa  atau 36,85%  dan  sebanyak  12  siswa  atau  63,15%  belum  mencapai  batas  ketuntasan minimum. Selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus I, yaitu menjadi sebanyak 11 siswa  atau  57,89%  telah  mencapai  KKM  dan  sebanyak  8  siswa  atau  42,10%  belum tuntas. Hasil belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu sebanyak 16 siswa atau 84,22% tuntas dan 3 siswa atau 15,78% belum mencapai kriteria  tuntas.  Hasil  dari  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  melalui  pendekatan bermain  dapat  meningkatkan  gerak  dasar  lompat,  karena  pada  permainan  sudamanda dan  melalui  berbagai  alat  bantu  yang  ada  terdapat  sikap  awal,  gerakan  tangan  sikap  di udara dan sikap saat mendarat.

Kata Kunci: Gerak Dasar Lompat dengan Penerapan Alat Bantu Pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.