UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVICE BAWAH BOLAVOLI MENGGUNAKAN METODE LATIHAN DRILL DENGAN TALI PADA SISWA KELAS XI TLC SMKN 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Agung Hidayat

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  service bawah bolavoli menggunakan metode latihan drill dengan tali pada siwa XI TLC SMK Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  PTK.  Penelitian  dilaksanakan  dalam  dua  siklus,  dengan  setiap  siklus  terdiri  atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa  kelas  XI  TLC Sekolah  Menengah  Kejuruan  Negeri  5  Surakarta  tahun  pelajaran 2016/2017,  yang  berjumlah  31  siswa.  Dengan  rincian  siswa  putra:  30  anak  dan  siswa putri:  1  anak.  Sumber  data  berasal  dari  guru  dan  siswa.  Teknik  pengumpulan  data adalah melalui tes kemampuan melakukan gerak dasar service bawah dan observasi dari proses  kegiatan  pembelajaran.  Validitas  data  menggunakan  teknik  triangulasi  metode. Analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  secara  deskriptif  yang didasarkan  pada  analisis  kualitatif  dengan  prosentase.  Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan drill dengan tali dalam pembelajaran  service bawah bolavoli dapat meningkatkan hasil belajar service bawah pada siswa kelas XI TLC SMK Negeri  5  Surakarta  Tahun Pelajaran  2016/2017,  dapat  diperoleh  hasil  penelitian  dan pembahasan  sebagai  berikut:  pada  siklus  I  sejumlah  24  siswa  (77,41%)  mencapai kreteria  tuntas.  Pada  akhir  siklus  II  terjadi  peningkatan  sejumlah  28  siswa  (90,3%) mencapai kreteria tuntas. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa 3,05 pada siklus I meningkat menjadi 3,14 pada siklus II. Nilai pada kondisi akhir meningkat dan melebihi target minimal yang diharapkan yaitu minimal 80% siswa dalam satu kelas dapat tuntas belajar.

Kata Kunci: Service Bawah Bolavoli, Metode Latihan Drill Dengan Tali.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.