UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA SENAM LANTAI MELALUI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Ayub Ridwan Syah, Slamet Riyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar merodasenam lantai melalui penerapan media pembelajaran audio visual dan tutor sebaya pada siswa kelas XI 1 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI 1 SMK Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 34 siswa putri dan 2 siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar meroda senam lantai. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media pembelajaran audio visual dan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar meroda senam lantai siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menerapkan media pembelajaran audio visual dan tutor sebaya untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan meeroda senam lantai sehingga kemampuan meroda senam lantai siswa masih rendah dan hasil belajar meroda senam lantai siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 16,67%, Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 63,89%, sedangkan pada siklus II mencapai 88,89%.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran audio visual dan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar meroda senam lantai siswa kelas XI 1 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016.

Full Text:

PDF

References

Adisuyanto, B. 2009. Cerdas dan Bugar Dengan Senam Lantai. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Anitah, S. 2009. Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

__________. 2009. Media Pembelajaran. Surakarta: Mata Padi Persindo.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bagawanabiyasa. 2013. Pembelajaran Tutor Sebaya. Diperoleh 27 Mei 2015 diakses melalui laman https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/07/21/pembelajarantutor-

sebaya/

Herry, Stw. 2013. Teman Sebaya. Diperoleh 27 Mei 2015 diakses melalui laman

elektronik https://herrystw.wordpress.com/2013/01/05/teman-sebaya/

http://ahmadpadhillah.blogspot.co.id/2013/04/media-pembelajaran-menurut-ahli.html

http://beibhystarayma.blogspot.co.id/2011/11/senam-lantai-meroda-radslag.html

http://edukasicenter.blogspot.com/2015/03/pengertian-gerakan-meroda-radschlag.html

http://materipenjasorkes.blogspot.co.id/2014/11/cara-melakukan-latihan-gerakanmeroda.

html

http://www.fincaparchite.com/empresas/fotos-empresa

http://www.googletranslate.com

Husdarta, & Yudha M. Saputra. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jihad, A. & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kristiyanto, A. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Mahendra, A. 2000. Senam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mahendra, A. 2001. Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas.

Margono, A. 2009. Senam. Surakarta: UNS Press.

Maryani. 2010. Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X AK 1 SMK Batik 2 Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Millah, Asep Saepul. 2013. Gymnastic. diperoleh 23 juni 2015, dari

http://asep394.blogspot.com/2013/11/gymnastic-senam-lantai.html

Muhajir & Mujahid, J. 2011. Pendidikan Jasmani Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta:

Erlangga.

Mujiono, S. 2010. Bergembira dengan Senam. Semarang: Aneka Ilmu.

Rina Iriani Sri Ratnaningsih. 2003. Pembelajaran Membaca Permulaan Penerapan

Model Tutor Sebaya. Surakarta: Pustaka Cakra Surakarta

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin, A. & Muhadi. 1991. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Sorbry, M Sutikno. 2013. Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Lombok: Holistica

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri.

Tim Penyusun. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta: FKIP UNS.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Untara, Wahyu. 2014. Kamus Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggris. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Waluyo. 2011. Teknologi Pendidikan dalam Penjas. Surakarta: UNS Press.

Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wawasan Pendidikan. 2014. Kelebihan dan Fungsi Serta Langkah-langkah Metode

Tutor Sebaya dalam Kelompok. Diakses melalui

http://www.wawasanpendidikan.com/2014/09/Kelebihan-dan-Fungsi-serta-

Langkah-Langkah-Metode-Tutor-Sebaya-dalam-Kelompok.html.

Wibawa, B & Mukti, F. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV. Maulana

Refbacks

  • There are currently no refbacks.