PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLA BASKET PADA SISWA KELAS V A SD AL FIRDAUS SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Wulanningsih Wulanningsih, Intan Suraya Ellyas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar lay up shootbola basket siswa kelas V A SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan gaya mengajar inklusi.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitiandilaksanakan dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A SD AlFirdaus Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 32 siswa yang terbagi atas 18putra dan 14 putri. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar danproses pembelajaran lay up shoot bola basket dengan penerapan gaya mengajar inklusipada siswa kelas V A SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 32siswa, (2) data sekunder yaitu, berupa RPP, Silabus dan dokumen. Teknik pengumpulandata melalui tes lay up shoot bola basket dan observasi dari proses kegiatanpembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis datamenggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan gaya mengajar inklusi dapatmeningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket siswa kelas V A SD Al FirdausSurakarta tahun pelajaran 2015/2016. Kondisi awal sebelum dilakukan PTK, siswayang tuntas belajar lay up shoot bola basket hanya 5 siswa (15.63%).Pada siklus Idengan dua pertemuan peningkatan hasil belajar lay up shoot bola basket menjadi 23siswa (71.88%). Pada siklus II dengan dua pertemuan meningkat menjadi 29 siswa(90.63%). Gaya mengajar inklusi memberi kontribusi yang signifikan terhadappeningkatan hasil belajar lay up shoot bola basket. Dengan penerapan gaya mengajarinklusi siswa belajar lay up shoot bola basket sesuai kemampuan masing-masing siswa.Karena gaya mengajar inklusi merupakan bentuk pembelajaran yang dirancang daribentuk pembelajaran mudah, sedang dan sulit. Melalui rancangan pembelajaran lay upshoot bola basket dari yang mudah, sedang dan sulit, maka siswa terlibat aktif melaksanakan tugas pembelajaran.Simpulan penelitian ini sebagai berikut. (1) Penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siswa kelas V A SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. (2) Ketercapaian ketuntasan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siklus I dengan dua pertemuan sebesar 71.88%. (3) Ketercapaian ketuntasan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siklus II dengan duapertemuan sebesar 90.63%

Full Text:

PDF

References

Abdoellah, Arma. 1981. Olahraga Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Sastra Hudaya.Abu, Rifai & Ibrahim, M. K. 2002. Kamus Lengkap Bahasa Inggris. Jakarta: Triguna

Ali, Muhammad. 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ambler, Vic. 2005. Petunjuk untuk Pelatih dan Pemain Bola Basket. Bandung: Tarsito.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. 2012. Pedoman Penyusunan Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Gino, H.J., Suwarni, Suripto, Maryanto & Sutijan. 1998. Belajar dan Pembelajaran II. Surakarta: UNS Press.

Hal Wissel. 2000. Bola Basket Dilengkapi Dengan Program Pemahiran Dan Teknik. Alih Bahasa. Agus Pribadi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persaja.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia. Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Hartoko, Soebagio. 1993. Bola Basket I. Surakarta: UNS Press.

_______________. 1994. Bola Basket II. Surakarta: UNS Press.

Hidayatullah, M.F. 2006. Mendidik dengan Bermain. Surakarta: Program Studi D-2 Pendidikan Jasmani JPOK FKIP UNS.

Husdarta & Yudha M. Saputra. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Depdiknas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Kristiyanto, Agus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surakarta: UNS Press.

__________, Hanik Liskustyawati & Budhi Satyawan. 2011. Model, Media dan Evaluasi Pembelajaran Guru Penjasorkes. Surakarta: FKIP UNS.

Lutan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti.

__________, Rusli Ibrahim, Adang Suherman & Yudha M. Saputra. 2002. Supervisi

Pendidikan Jasmani Konsep dan Praktik. Depdiknas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Olahraga.

__________. 2000. Strategi Belajar Mengajar Penjas. Jakarta: Departemen Pendidikan

dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian

Proyek Penataran Guru SLTP Setara D III.

Mokholid, Agus. 2004. Pendidikan Jasmani. Jakarta: Yudhistira.

Oliver, John. 2007. Dasar-dasar Bola Basket. Alih Bahasa Wawan Eko Yulianto. Bandung: Intan Sejati.

Pribadi, A. B. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Rosdiani, Dini. 2013. Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfa Beta.

Sadikun, Imam. 1992. Olahraga Pilihan Bola Basket. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sarumpaet, A., Zulfar Djazet & Imam Sadikun. 1992. Permainan Bola Besar. Jakarta:

Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Subrotosuroyo, Srijono, Sunardi & M. Furqon H. 1994. Perencanaan Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah. Direktorat Pendidikan Guru Dan Tenaga Teknis Bagian Proyek Penataan Guru Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan SD Setara DII.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suherman, Adang, & Agus Mahendra. 2001. Menuju Perkembangan Menyeluruh

Menyiasati Kurikulum Pendidikan Jasmani Menengah Umum. Jakarta:

Depdiknas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah Bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Olahraga.

Sutikno, M. Sobri. 2009. Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prospect.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas SebelasMaret.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.