Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Materi Memahami Cerita Ramayana Resi Jatayu Melalui Model Pembelajaran Online

Muhammad Ihsan Habibulloh, Edy Suryanto, Kenfitria Diah Wijayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan belajar, faktor penyebab, dan upaya pemecahan masalah kesulitan belajar yang dialami oleh siswa berkebutuhan khusus materi memahami cerita Ramayana Resi Jatayu dengan model pembelajaran online . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Simpulan penelitian ini adalah (1) kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu sulit memahami materi, memahami cerita wayang, mengakses materi dan tugas, serta berkomunikasi dengan guru; (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa dibedakan menjadi dua yaitu internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu (a) jasmani: permasalahan penglihatan siswa (tunanetra); (b) rohani: malas belajar, kurangnya semangat siswa dalam belajar, emosi siswa labil. Adapun faktor eksternalnya yaitu (a) faktor keluarga: kurangnya perhatian orang tua, kondisi rumah ramai, tidak memiliki gawai pribadi, serta koneksi jaringan buruk; (b) faktor sekolah: pemberian tugas banyak; (c) faktor lingkungan sosial: mengikuti kebiasaan teman; (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasinya yaitu memberikan materi ringkas dan menarik, melakukan home visit, memberikan materi dalam bentuk pesan suara, dan memberikan motivasi pada siswa agar semangat belajar.

Full Text:

PDF

References

A Alimin, Zaenal. (2010). Kesulitan Belajar dalam Perspektif Pendidikan. (Online ) Diakses pada 2 September 2020 dari http://zalimin.blogspot.com/2010/04/kesulitanbelajardalam-perspektif.html Anugerah, S. Y., Ulfa, S,. dan Husna, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Untuk Siswa Tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa. Jurnal JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran). 7(2), 76-85. Diperoleh pada 8 Desember 2020 dari https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p076 Balkist, Pujia Siti. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tunanetra di Kelas Inklusif Pada Materi Trigonometri. Jurnal UJMES. 5(1), 1-5. Diakses pada 5 September 2020 dari https://ojs.uninus.ac.id/index. php/UJMES/article/view/910 Dalyono. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2(1), hal 55-61. Diakses pada 19 Juli 2020 dari https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89 Irdamurni, Sumekar, G., dan Nopitasari, M. (2017). Model Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Tunanetra Berbasis Permainan Scrabbel Braille. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. Vol 1(1), hal 1-4. Diakses pada 11 Januari 2020 dari https://doi.org/10.24036/jpkk.v1i1.41 Gavrilova, Marina. (2006). Computational Science and Its Applications – ICCSA 6th International Conference. Glasglow, UK: Springer. Gunawan, Suranti, N.M.Y., dan Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education. Vol 1(2), hal 61-70. Diakses pada 18 Juli 2020 dari https://journal.publication center.com/index.php/ijte/article/view/95 Ilahi, Mohammad Takdir. (2013). Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Arruzz Media. Limbong, M., Rabbani, Ali S., dan Syafitri, E. (2020). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Mengendalikan Emosional Siswa Selama Pembelajaran Daring di MTS Islamiyah Medan. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 3(1), hal 44-55. Diakses pada 8 Desember 2020 dari http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/thoriqotuna/article/view/226 Makmun, Abi Syamsuddin. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya Remaja Marsh, Colin. (1996). Handbook for beginning teachers. Sydney : Addison Wesley Longman Australia Pry Limited. Nuraeni, D., Uswatun, D. A., dan Nurasiah, I. (2020). Analisis Pemahaman Kognitif Pakpahan, Roida., dan Fitriani, Yuni. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). Vol 4(2), hal 30-36. Diakses pada 17 Juli 2020 dari http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Riansyah, Z., Lumbantoruan, J., dan Hadi, H. (2018). Studi Deskriptif Kegiatan Pengembangan Diri Bernyanyi Pada Anak Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Wacana Asih Kota Padang. E-jurnal Sendratasik. Vol 7(1), hal 55-60. Diakses pada 11 Januari 2021,dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/article/view/100358 Somadayo, Samsu. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Graha Ilmu. Somantri, Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Suhartono dan Indramawan, Anik. (2020). Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Literasi Bahasa Mahasiswa. Jurnal Innovative. Vol 8(1), hal 137-180. Diakses pada 18 Juli 2020 dari http://ejurnal.iaipdnganjuk.ac.id/index.php/innovative Suhendro, Eko. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol 5(3), hal 133-140. Diakses pada 8 desember 2020 dari https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05 Ulva, Maria., dan Amalia, Rizki. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (AUTISME) di Sekolah Inklusif. JOTE (Journal On Teacher Education). Vol 1(2), hal 9-19. Diakses pada 5 Desember 2020 dari https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/512 Ummah, Dewi Mufidatul., dan Arifin, Agustan. (2018). Analisis Kesulitan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. 2(1), 32-40. Diakses pada 2 September 2020 dari https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt Wardani, I.G.A.K., Tarsidi, Didi., Hernawati, Tati., dan Astati. (2014). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka Yunisya, Putri., dan Sopandi, Asep Ahmad. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran Penjas Adaptif bagi Tunanetra di Rumah pada Masa Pandemi COVID-19 (SMK N 7 Padang). Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research dan Development. Vol 3(1), hal 30-35. Diakses pada 8 Desember 2020 dari https://jurnal.ranahresearch.com Zoetmulder, P. J. (1994). Kalangwan: Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang. Jakarta: Djambatan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.