“Ki Ageng Kebo Kenanga ” di Desa Pengging Boyolali dan Relevansinya sebagai Materi Ajar di SMA

Wuri Aristyowati, Atikah Anindyarini, Astiana Ajeng Rahadini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi unsur struktural, tanggapan dan pendapat pembaca, serta kesesuaian cerita Ki Ageng Kebo Kenanga  sebagai bahan ajar cerita rakyat bahasa Jawa di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan resepsi sastra. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Adapun uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Simpulan dari penelitian ini yaitu Cerita rakyat Ki Ageng Kebo Kenanga  mengandung unsur struktural yaitu tema yang digunakan adalah mengenai perjuangan Ki Ageng Kebo Kenanga. Menggunakan alur maju dan terdapat 3 latar yakni latar tempat, waktu, dan sosial. Tokoh utamanya yaitu Ki Ageng Kebo Kenanga. Adapun amanatnya adalah jadilah seseorang yang tidak sombong. Tanggapan para pembaca mengenai cerita tersebut yaitu ceritanya sangat menarik karena memiliki unsur sejarah, silsilah leluhur, dan perjuangan hidup dari Ki Ageng Kebo Kenanga. Berdasarkan relevansi cerita rakyat Ki Ageng Kebo Kenanga  di Desa Pengging sebagai materi ajar di SMA, cerita rakyat ini sangat cocok untuk dijadikan materi ajar di SMA dan sesuai dengan kompetensi dasar yang ada.

Keywords

resepsi sastra, unsur structural; materi ajar

Full Text:

PDF

References

Abrams, M. H. (1981). A Glosary of Literary Terms. Cet IV. New York: Holt, Rinehart and Winston Angesti, A.J.A. (2013). Piwulang Jawi: Journal of Javanese Learning and Teaching. Piwulang Jawi, 2 (1). Budianta, Melani, dkk. (2002). Membaca Sastra (Pengantar Memahami Sastra Untuk Perguruan Tinggi). Magelang: Indonesia Tera. Danandjaja, J. (1984). Folklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Graviti Press. Dikul, J., dan Kiting, R. (2019). The Use of Folklore as Educational Entertainment Materials. The International Journal of Sciences and Humanities Invention. 6(6), 5521-5523. Endraswara, S. (2003). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama. Geertz, C. (2000). Tafsir Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius. Gusnetti, Syofiani dkk. (2015). Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, Vl.i2 (183-192). Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Moertopo, A. (1978). Strategi Kebudayaan. Jakarta: CSIS Munaris, M. (2010). Tanggapan Pembaca Terhadap Fahri (Perspektif Resepsi Sastra). Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 2 (2), 169-181. Nurgiyantoro, B. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Pujiharto. (2010). Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak. Rusyana, Y. (1982). Metode Pengajaran Sastra. Bandung: Gunung Larang. Semi, A. (1993). Anatomi Sastra. Bandung: Angkasa. Siswanto, W.,dkk. (2016). Bentuk Karakter Anak melalui Dokumentasi Folklor Lisan Kebudayaan Lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (6), 996-1001. Sukatman. (2009). Butir-butir Tradisi Lisan Indonesia: Pengantar Teori dan Pembelajarannya. Yogyakarta: LaksBang Pressindo Sunata, Y.N., Saddhono, K., dan Hastuti, S. (2014). Tinjauan Struktural dan Nilai Pendidikan Novel Bidadari-Bidaari Surga karya Tere Liye (Relevansinya dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas). Basastra Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1(3), 583-593 Teeuw, A. (1983). Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya. Waluyo, H. J. (2002). Apresiasi Puisi: Panduan untuk pelajar dan mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Wani, H. A. (2011). Impact of globalization on World Culture. Research J. Humanities and Social Sciences. 2(2), 33-39. Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasmara Indonesia. Yunus, U. (1985). Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.