FEMINISME DAN NILAI PENDIDIKAN TOKOH RADEN AYU BRATAPRANATA DALAM NOVEL IBU KARYA POERWADHIE ATMODIHARJO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SMA

Ratna Ayu Suminar, Budi Waluyo, Rahmat Rahmat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra wanita tokoh Raden Ayu Bratapranata dalam novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo, nilai-nilai pendidikan pada tokoh Raden Ayu Bratapranata dalam novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo, dan relevansi novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo sebagai bahan ajar kelas XI tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan feminisme. Teknik validitas dalam penelitian ini menggunakan  triangulasi sumber data dan teori. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan analisis dokumen dan teknik wawancara. Peneliti menggunakan model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra wanita tokoh Raden Ayu Bratapranata dalam novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo berupa citra merak-ati, gemati, dan luluh;  nilai-nilai pendidikan pada tokoh Raden Ayu Bratapranata dalam novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo meliputi nilai pendidikan agama atau religius, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan moral atau etika, dan nilai pendidikan budaya; serta novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar kelas XI tingkat SMA karena memuat nilai pendidikan yang baik untuk diteladani oleh siswa.

Keywords

feminisme, novel, nilai pendidikan, pembelajaran bahasa Jawa SMA

Full Text:

PDF

References

Afifuddin, & Saebani, B.A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia. Ariastini, N.L., Artawan, G., & Darmayanti, I A M. (2014). Kajian Feminisme Terhadap Novel “Tempurung” Karya Oka Rusmini dan Kesesuaiannya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra Di SMA. Ejournal UNDIKSHA. Diperoleh pada 1 Maret 2020 dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/3871 Atmodihardjo, P. 2013. Ibu. Semarang: Organisasi Pengarang Sastra Jawa (OPSJ). Coker, B. (2020). Girl’s Education In Turkey: An Analysis Of Education Policies From A Feminist Perspective. European Journal of Education Studies, 7(9), 242-261. Diperoleh 31 Agustus, dari https://eric.ed.gov/?id=ED607219 Esten, M. (2013). Kesusastraan: Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Penerbit Angkasa Ghazali, N., & Husin, F. (2018). Bahasa dan Feminisme dalam Filem Shuhaimi Baba. Malaysian Journal of Communication, 34(2), 374-388. Diperoleh pada 1 Maret 2020, dari http://ejournal.ukm.my/mjc/article/view/26169 Irma, C. N. (2017). Pendekatan Sosiologi Sastra dan Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Punakawan Menggugat Karya Ardian Kresna. Jurnal Bindo Sastra, 1(1). Diperoleh pada 1 Maret 2020 dari http://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/660 Isnendes, R.., & Haerudin, D. (2011). A Discourse of the Female Body in an Ancient Sundanese Literary Work of Lutung Kasarung: An Eco-Feminist Approach. International Journal for Historical Studies, 3(1), 109-120. Kasnadi, & Sutejo. (2010). Kajian Prosa: Kiat Menyisir Dunia Prosa. Yogyakarta: Pustaka Felicha. Kusdiratin, dkk. (1978). Memahami Novel Atheis. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Miles, M.B., & Huberman, A.M. (2007). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia. Prastika, D. C., Suyitno, S., & Suryanto, E. (2018). Nilai Pendidikan Novel Lipstick Karya Achmad Munif dan Relevansinya. Paedagogia: Jurnal Universitas Sebelas Maret, 21(2), 169-185 . Diperoleh pada 1 Maret 2020 dari https:// jurnal.uns.ac.id. Putra, M.S. & Hardiwidjaja, Y. (2007). How To Write and Market Novel. Bandung: Kolbu. Satoto, S. (2012). Analisis Drama & Teater Bagian 1. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Suharto, S. (2005). Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. Trisnanti, I. (2016). Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Wibowo, A. (2013). Pendidikan Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana. (2014). Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.