PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK MODEL JIGSAW
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada beberapa permasalahan, antara lain Kriteria Ketuntasan Minimal, (KKM) belum tercapai, motivasi belajar kurang, tidak kreatif, pembelajaran teacher centered, serta adanya problem umum di masyarakat seperti perilaku menyimpang yang banyak dilakukan oleh remaja. Tujuan penelitian adalah mengetahui efektifitas metode diskusi kelompok model Jigsaw dalam meningkatkan kreativitas belajar dan hasil belajar Sosiologi. Subjek penelitian sebanyak 38 siswa SMA. Analisis data menggunakan perbandingan nilai mean dan skor rata-rata subjek pada siklus I dan siklus II. Metode pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok dengan model Jigsaw. Hasil analisis menyatakan bahwa metode diskusi kelompok dengan model Jigsaw dapat meningkatkan kreativitas belajar dan hasil belajar Sosiologi pada siswa SMA.
Kata Kunci: Kreativitas Belajar, Hasil Belajar, Sosiologi, Model JigsawFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.