Strategi pengembangan konsep Green Tourism pada Kawasan Wisata Malioboro Kota Yogyakarta

Wildan Wahyu Nugroho, Ari Ananda Putri

Abstract

Kota Yogyakarta dikenal sebagai salah satu destinasi wisata budaya dengan salah satu daya tarik wisatawan yaitu Kawasan Malioboro. Salah satu moda yang sering digunakan oleh wisatawan adalah bus pariwisata dengan 3 (tiga) titik lokasi parkir khusus bus pariwisata yaitu TKP Senopati, Abu Bakar Ali, dan Ngabean. Dalam rangka mengusung perwujudan program Sustainable Development Goals, maka peneliti melakukan penelitian dengan menyimulasikan beberapa konsep green tourism yang berfokus pada sisi transportasi berupa pemindahan area parkir bus pariwisata dari Kawasan Malioboro ke Terminal Giwangan dan perencanaan mobilitas wisatawan dari dan ke Terminal Giwangan - Kawasan Malioboro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kinerja lalu lintas saat ini di Kawasan Malioboro, merencanakan moda transportasi berbasis listrik di Kawasan Malioboro, mengintegrasikan mobilitas wisatawan dari area parkir dengan pilihan moda tradisional sebagai bentuk pelestarian kearifan lokal, serta mengidentifikasi perubahan kinerja lalu lintas dengan adanya rencana penerapan konsep green tourism di Kawasan Malioboro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menganalisis usulan konsep green tourism di bidang transportasi antara lain terkait kinerja ruas jalan dan persimpangan wilayah kajian saat ini, perencanaan kebutuhan dan jenis moda transportasi berbasis listrik, perencanaan integrasi area parkir dengan moda tradisional, dan perubahan kinerja lalu lintas terhadap konsep usulan di Kawasan Malioboro. Hasil analisis terhadap simulasi penerapan konsep green tourism di Kawasan Malioboro menunjukkan adanya rata-rata penurunan volume kendaraan pada ruas jalan di area kajian sebesar 28%, pada persimpangan sebanyak 15%, serta rata-rata penurunan emisi Karbon Monoksida (CO) kendaraan sebesar 25%.

 

 

Keywords

Emisi Gas Buang; Green Tourism; Kinerja Lalu Lintas; Moda Berbasis Listrik

Full Text:

PDF

References

[1]Adnyana IM. Dampak green tourism bagi pariwisata berkelanjutan pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 2020;4:1582–92.

[2]Wahyudi D, Hasanah EU, Lantarsih R, Syamsiro M, Prasetyanto H. Pengembangan green tourism di Desa Wisata Srimulyountuk pelestarian lingkungan. Prosiding Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa 2022;1:46–51. https://doi.org/10.46576/prosfeb.v1i1.36.

[3]Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pemantauan Kualitas Udara Lingkungan Hidup 2019. 2019.

[4]Yadnya PAK, Wibawa IGKA. Green Tourism Dalam Paradigma Baru Hukum Kepariwisataan. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan 2020;17:164–71.

[5]Hasan A. Green Tourism. Media Wisata 2021;12. https://doi.org/10.36276/mws.v12i1.195.

[6]Al Fahmawee EAD, Jawabreh O. Sustainability of green tourism by international tourists and its impact on green environmental achievement: Petra Heritage, Jordan. GeoJournal of Tourism and Geosites 2023;46:27–36. https://doi.org/10.30892/gtg.46103-997.

[7]Lagodiienko V, Sarkisian H, Dobrianska N, Krupitsa I, Bairachna O, Shepeleva O. Green tourism as a component of sustainable development of the region. Management Theory and Studies for Rural Business and Infrastructure Development 2022;44:254–62. https://doi.org/10.15544/mts.2022.26.

[8]Putu Agus Prayogi, I Wayan Kartimin, I Made Hedy Wartana. Penerapan konsep green tourism dalam pengembangan pantai Kelan Tuban sebagai daya tarik wisata berkelanjutan di Kabupaten Badung. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies 2022;2:101–9. https://doi.org/10.51713/jotis.v2i2.80.

[9]Putri D. Green tourism sebagai kunci pariwisata berkelanjutan. Pariwisata Nusantara 2022;49:49–53.

[10]Djaniar U. Systematic Literature Review : Green Tourism Marketing Strategy. Jurnam Manajemen 2022;6:p.

[11]Hendrasmo I, Wulandari N, Nur Intan L. Strategi Pemerintah Daerah dalam Menghadapi Green Tourism di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Kota Prabumulih). Tanah Pilih 2022;2:116–25. https://doi.org/10.30631/tpj.v2i2.1234.

[12]Alvianna S, Hidayatullah S, Windhyastiti I, Khouroh U. The role of green tourism perception, environmental concern and intention of participation in green tourism on environmentally responsible tourism behavior. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (JMDK) 2022;10:79–87.

[13]Le Tan T, Tuong NC, Nguyet PH, Man LM, Nhi HTL, Van NT. Factors Affecting the Implementation of Green Tourism in Da Nang City. International Journal of Community Service & Engagement 2021;2:157–77. https://doi.org/10.47747/ijcse.v2i4.439.

[14]Mahiroh I, Budiarti T, Manningtyas RDT. Community-Based “Green Tourism” Development Strategy for Situ Gede Ecotourism in West Bogor Sub-district. IOP Conf Ser Earth Environ Sci 2024;1384:012031. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1384/1/012031.

[15]Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Pengertian, Perbedaan, dan Kelebihannya. Biro Penjaminan Mutu Dan Informasi Digital (BPMID) Universitas Medan Area 2024. https://bpmid.uma.ac.id/penelitian-kuantitatif-dan-kualitatif-pengertian-perbedaan-dan-kelebihannya/#:~:text=Pengertian%20Penelitian%20Kuantitatif,analisis%20statistik%20dari%20data%20sekunder. (accessed January 19, 2025).

[16]Pratama RB. Metodologi Penelitian. Angewandte Chemie International Edition 2019;6:951–2.

[17]General Bina Marga D. Highway Capacity Manual Project (HCM)." Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) 1997.

[18]Direktorat Jendral Bina Marga. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023.

[19]Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor 687 Tahun 2002 Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur. 2002.

[20]Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 98 Tahun 2013 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek 2013.

[21]Hartanto BD. Perencanaan Angkutan Wisata Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jurnal Penelitian Transportasi Darat 2014;16:99–106.

[22]Putri AA, Tama YP, Suryandari M. Simulasi dampak rencana penerapan skema ganjil genap di Kota Bekasi. Jurnal Transportasi Multimoda 2018;2:45–55.

[23]Tama YP, Putri AA, Madani MW. Integration of a Sustainable Transportation System in the Ubud–Bali Tourism Area. Journal of Multimodal Transportation 2021;19:10–9.

[24]Putri AA, Tama YP. Pengembangan Infrastruktur Transportasi Berkelanjutan di Kawasan Perdagangan Cokroaminoto Sebagai Bentuk Kontribusi Kota Humanis. Jurnal Transportasi Multimoda 2022;20:45–55.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.