Kesesuaian pelayanan pergerakan pejalan kaki terhadap konsep transit oriented development (Studi kasus: kawasan Dukuh Atas, DKI Jakarta)
Abstract
Salah satu tujuan pengembangan Transit Oriented Development (TOD) adalah mewujudkan lingkungan ramah pejalan kaki pada kawasan kompak yang berbasis transit. Desain kawasan TOD juga mendorong penggunaan moda transportasi umum untuk mendukung pergerakan penduduk. RTRW Provinsi DKI Jakarta 2011-2030 menetapkan Dukuh Atas sebagai kawasan TOD yang diharapkan mampu memberikan pelayanan bagi pergerakan pejalan kaki secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dari pelayanan pergerakan pejalan kaki terhadap konsep TOD di Kawasan Dukuh Atas. Kesesuaian pelayanan pergerakan pejalan kaki ditinjau dari komponen kawasan kompak, simpul transit, jalur pejalan kaki dan fasilitas penunjang. Metode analisis adalah kuantitatif dengan teknik analisis skoring yang menggunakan sakala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pelayanan pergerakan pejalan kaki di Kawasan Dukuh Atas sudah sesuai dengan konsep TOD, namun diperlukan adanya peningkatan pelayanan pada beberapa aspek guna mengoptimalkan pelayanan terhadap pejalan kaki.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Calthorpe P 1993 The Next American Metropolis: Ecology, Community, and the American Dream (Canada: Princeton Architectural Press)
Institute for Transportation and Development Policy 2017 TOD Standard New York: Despacio Diakses dari www.itdp.org
City of Fort Collins 2011 Fort Collins Pedestrian Plan Diakses dari http://www.pedbikeinfo.org/
Delhi Development Authority 2012 Transit Oriented Development: Policy, Norms, Guidelines Diakses dari https://smartnet.niua.org/sites/default/files/resources/5320760375.pdf
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 2012 Peraturan Daerah Gubernur DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah DKI Jakarta 2011-2030 Indonesia Diakses dari http://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-daerah-nomor-1-tahun-2012-tentang-rencana-tata-ruang-wilayah-2030.pdf
Mauliani L, Purwantiasning A W, dan Aqli W 2015 Designing Better Environment by Providing Pedestrian Way for Pedestrian Procedia - Social and Behavioral Sciences 179 80–93 DOI: 10.1016/j.sbspro.2015.02.412
Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia 2014 Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan Indonesia Diakses dari http://pug-pupr.pu.go.id/_uploads/Produk_Pengaturan/Permen%20PUPR%20No%2003-2014.pdf
Dittmar H dan Ohland G 2004 The New Transit Town - Best Practices in Transit Oriented Development (Washington DC: Island Press)
Refbacks
- There are currently no refbacks.