Manajemen Risiko Produksi Tembakau Menghadapi Perubahan Iklim (Climate Change) di Kabupaten Temanggung

Fitri Susilowati, Suryanto Suryanto

Abstract

Abstrak

Perubahan iklim telah menjadi isu yang nyata dalam pertanian. Dampak negatif terhadap sektor pertanian tidak hanya melibatkan panen, tetapi juga sektor sekunder yang terkait dengan pertanian. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan manajemen risiko dalam menghadapi risiko perubahan iklim oleh petani tembakau di Kabupaten Temanggung; (2) determinan variabel yang mempengaruhi keputusan petani dalam manajemen risiko, seperti pendapatan, pendidikan, usia petani, persepsi risiko, dan luas lahan dengan menggunakan Willingness to Pay (WTP). Perubahan iklim adalah fenomena alam yang tidak bisa dihindari. Gejala fenomena alam ini adalah bencana curah hujan, kelembaban, radiasi dan suhu banjir, kekeringan atau pergeseran musiman. Pertanian tembakau memiliki kerentanan terhadap perubahan iklim. Para petani memiliki potensi untuk mengalami kerugian dan produksi tembaku di Temanggung sebagai ujubg tombak penurunan perekonomian Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisis variabel yang diduga mempengaruhi keputusan petani untuk mengurangi risikonya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. CVM adalah pendekatan kuantitatif yang digunakan untuk mendapatkan keputusan atau keinginan petani untuk mengurangi risiko dalam menghadapi perubahan iklim. Berdasarkan survei dan wawancara tentang strategi adaptasi untuk petani tembakau di Kecamatan Parakan adalah dengan mulsa, mundurnya musim tanam, pendagiran dan konservasi lahan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani tentang manajemen risiko dengan Willingness To Pay (WTP) adalah tingkat pendidikan dan persepsi risiko.

 

Kata kunci: Iklim, Manajemen resiko

Keywords

risk, return,climate change

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Temanggung. 2010. Kecamatan Bulu dalam angka tahun 2011. Temanggung.

Ditjenbun. 2007. Komoditas Tembakau. http://ditjenbun.deptan.go.id/budtansim/. Diakses tanggal 29 Mei 2012.

Fauzi, Akhmad . 2010. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hanafi, Mamduh, 2012. Manajemen Risiko, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Herminingsih dan Rokhani, 2014. Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Perilaku Petani Tembakau di Kabupaten Jember. Jurnal Matematika, Saint, dan Teknologi, Volume 15, Nomor 1, Maret 2014, 42-51. Universitas Jember. Jember.

Kabupaten Temanggung dalam Angka 2012, Badan Pusat Statistik Kabupaten Temanggung

Kabupaten Temanggung dalam Angka 2013, Badan Pusat Statistik Kabupaten Temanggung

Kabupaten Temanggung dalam Angka 2014, Badan Pusat Statistik Kabupaten Temanggung

Kecamatan Parakan dalam Angka 2014, Badan Pusat Statistik Kabuapetn Temanggung

Lapan. 2009. Perubahan Iklim di Indonesia. http://iklim.dirgantara-lapan.or.id. Diakses tanggal 29 Mei 2012.

Pemerintah Kabupaten Temanggung. 2011. Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Temanggung Tahun 2011.

Prasmatiwi, F et al, 2011. Kesediaan Membayar Petani Kopi Untuk Perbaikan Lingkungan. Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 12, Nomor 2, Desember 2011.

Prasetiyo, Anam., Djajadi., dan Sudarto, 2016, Kajian Produktivitas dan Mutu Tembakau Temanggung Berdasarkan Nilai Indeks Erodibilitas dan Kepadatan Tanah. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan Vol 3 No 2:389-399, Universitas Brawijaya, Malang

Putra, A. W. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Tembakau di Temanggung. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Suryanto dan Gravitiani, Evi, 2012, Pengembangan Produk Asuransi Pertanian untuk Mengatasi Perubahan Iklim, Laporan Penelitian. LPPM, UNS.

Sumastuti dan Pradono (2016), Dampak Perubahan Iklim Pada Tanaman Padi Di Jawa Tengah. Journal of Economic Education. Vol 5 No 1 (2016): June 2016 . Program Pascasarjana (PPS) UNNES, Semarang.

Susilowati, Fitri (2016), Manajemen Risiko Produski Tembakau Menghadapi Perubahan Iklim (Climate Change) Pendekatan Valuasi Ekonomi dan Sistem Informasi Gegrafi, Laporan Penelitian Dosen Pemula KemenristekDikti

Refbacks

  • There are currently no refbacks.