Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Islami Pada Materi Fisika

Fitriyani Fitriyani, Hadma Yuliani, Mukhlis Rohmadi

Abstract

Abstract:. This research was conducted because of the challenges of 21st century education which requires students to be proficient in learning, digital literate, and have a strong character. The purpose of this study was to conduct a needs analysis for designing physics learning media. Needs analysis is carried out through literature studies and field studies. Study literature by collecting information about instructional media, the importance of character building, and the study of physics material that needs strengthening. Field studies were conducted to determine learning in class. The results of the literature study show that the eXe-Learning application has advantages that can be used in making learning media, character planting is needed according to the curriculum and conditions in the field and it is also known that the material that needs strengthening is Newton's Law of Gravity and Kepler's Law. The results of the analysis of the needs of 22 students of class X IPA obtained that 86.4% did not have handbooks, 68.2% had difficulty learning physics. In fact, 86.4% enjoyed learning with the media. However, based on teacher information shows that the use of media in learning is still rare. And also as many as 90.9% want alternative teaching materials for learning physics and 95.5% agree if there is an electronic module of physics material that contains Islamic character values in it as a learning resource. This was also agreed by the teacher because of the madrasah-based school background. These results indicate that it is necessary to develop instructional media that contains Islamic character values in physics material.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan karena adanya tantangan pendidikan abad 21 yang menuntut siswa mahir dalam pembelajaran, melek digital, dan memiliki karakter yang kuat. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan perancangan media pembelajaran fisika. Analisis kebutuhan dilakukan melalui studi literatur dan studi lapangan. Studi literatur dengan mengumpulkan informasi tentang media pembelajaran, pentingnya pembentukan karakter, dan pembelajaran materi fisika yang perlu diperkuat. Studi lapangan dilakukan dengan menganalisis pembelajaran di kelas. Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa aplikasi eXe-Learning memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan dalam pembuatan media pembelajaran, penanaman karakter dibutuhkan sesuai dengan kurikulum dan kondisi di lapangan serta diketahui juga bahwa materi yang perlu diperkuat adalah Hukum Newton tentang Gravitasi dan Hukum Kepler. Hasil analisis kebutuhan 22 siswa kelas X IPA diperoleh 86,4% tidak memiliki buku pegangan, 68,2% kesulitan belajar fisika, dan 86,4% menikmati pembelajaran dengan media. Namun berdasarkan informasi guru, penggunaan media masih jarang dilakukan. Sebanyak 90,9% menginginkan bahan ajar alternatif untuk pembelajaran fisika dan 95,5% setuju jika terdapat modul elektronik materi fisika yang memuat nilai karakter islami di dalamnya sebagai sumber belajar. Hal ini juga disetujui oleh guru karena latar belakang sekolah berbasis madrasah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perlu dikembangkan media pembelajaran yang mengandung nilai-nilai karakter islami dalam materi fisika.

Keywords

Analisis kebutuhan, Media pembelajaran fisika, Nilai-nilai karakter islami.

Full Text:

PDF

References

Anggela, M. (2013). Pengembangan Buku Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Pada Materi Usaha Dan Momentum Untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas Xi Sma. Pillar Of Physics Education, 1(1). https://doi.org/10.24036/492171074

Douglas, G. C. (2014). PHYSICS: Principles with Application (FISIKA: Prinsip dan Aplikasi) (I). Erlangga.

Fadli, A., Suharno, S., & Musadad, A. A. (2017). Deskripsi Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education untuk Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2017. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2017. https://www.neliti.com/publications/172289/deskripsi-analisis-kebutuhan-media-pembelajaran-berbasis-role-play-game-educatio

Hendriyani, Y., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85–88. https://doi.org/10.24036/tip.v11i2.147

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Silabus SMA/MA Mata Pelajaran Fisika.

Kurniasari, I. (2018). Pengembangan E - Module Berbasis Exe-Learning Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Peserta Didik Kelas VIII [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/4285/

Lisyanti, D. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Exe-Learning Pada Siswa Smp Kelas VII Skripsi [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Mussoi, E. M. (2011). GeoGebr a and eX e Lear ning: Applic ability in the teac hing of P hy s ic s and M athem atic s. 9(2), 6.

Priyambodo, E. (2010). Pemanfaatan Program Aplikasi eXe (ELEARNING XHTML EDITOR) Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132309686/penelitian/eXe.pdf

Taulabi, I., & Mustofa, B. (2019). Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 28–46.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills.: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons.

Wyles, R. E.-L. D. at T. O. P. of N. Z. richard wyles@openpolytechnic ac nz. (2006, Oktober 30). New Zealand Open Source Virtual Learning Environment Project—A Case Study in Achieving National Development Goals using Open Educational Resources. The Fourth Pan-Commonwealth Forum on Open Learning (PCF4). http://pcf4.dec.uwi.edu/viewpaper.php?id=81

Yaumi, M., Sutopo, S., & Parno, P. (2019). Pembelajaran Fisika Menggunakan Pemodelan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Hukum Newton Gravitasi Dan Hukum Kepler. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7, 21–27. https://doi.org/10.23971/eds.v7i1.1001

Yuliharti, Y. (2019). Pembentukan Karakter Islami Dalam Hadis Dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216–228. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.