IMPLEMENTASI BUKU KOMIK FISIKA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) POKOK BAHASAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs PGRI GAJAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran buku komik fisika berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 41,5. Siklus II diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 83. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku komik fisika berbasis SETS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo.
Kata Kunci : Buku Komik Fisika, Siswa, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembeljaran. Yogyakarta: Gava Media.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Riduwan. 2014. Dasar-Dasar Statistik. Bandung : Alvabeta.
Wisudawati. A. W. dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.