IMPLEMENTASI BUKU KOMIK FISIKA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) POKOK BAHASAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs PGRI GAJAH

Zahroh Khusnul Wafi, Farida Huriawati, Jeffry Handhika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran buku komik fisika berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 41,5. Siklus II diperoleh rata-rata prestasi belajar  siswa sebesar 83. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku komik fisika berbasis SETS  dapat meningkatkan prestasi  belajar siswa kelas VIII MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo.

 

Kata Kunci : Buku Komik Fisika, Siswa, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembeljaran. Yogyakarta: Gava Media.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. 2014. Dasar-Dasar Statistik. Bandung : Alvabeta.

Wisudawati. A. W. dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.