Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Saintifik untuk Siswa SMA/MA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis saintifik, Metode Penelitian ini adalah Reseach and Development. Model pengembangan modul yang digunakan adalah model 4-D (four D model) terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Modul dinilai berdasarkan kelayakan materi, media, dan bahasa, serta uji coba (terbatas dan luas) kepada siswa, dan tahap penyebaran pada forum MGMP. Pengumpulan data menggunakan angket analisis kebutuhan, lembar validasi modul, angket respon uji coba (terbatas dan luas), angket respon dessimnate dan tes berpikir kritis. Modul pembelajaran berbasis saintifik memiliki tahapan mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa memiliki ciri yaitu langkah pembelajaran pada modul disesuaikan dengan langkah pembelajaran berbasis saintifik dalam setiap tahapnya dan memuat soal tes berpikir kritis (2) modul dikategorikan layak dengan hasil perhitungan (ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru, teman sejawat) yang menunjukkan nilai rata-rata 85 >Cut Off 84. Serta didukung dengan respon positif dari siswa dan hasil disseminate yang dilakukan pada forum MGMP yang mengkategorikan modul sangat baik, (Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika berbasis saintifik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Modul Fisika, Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Azwar. Saifuddin. (2007). Penyusunan Skala. Yogyakarta: Pustaka Belajar
BNSP. (2013). Panel Penilaian UN. Jakarta. Depdiknas.
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
_____(2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media
Costa, A.L. & Kellick, B. (2000). Describing 16 Habits of Mind : Habits of Mind. A Development Series. Alexandria, VA. (OnLine). Tersedia: http:/www.ccsnh.edu/documents/CCSNH MLC.
Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta : Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Dick, Walter, Lou Carey, and James O Carey. (2005). The Syistematic
designof Instruction 6 ed,Boston. Pearson.
Ennis, R.H. (2007). Critical Thinking. New Jersey: Prentice Hall.
Gunawan, Adi. (2008). Genius Learning Strategi. Jakarta: Pustaka Utama.
________(1985). Goal For A Critical Thinking I Curriculum. Depoloving Mind A Resousce Book For Teaching Thingking. Virginia; Association For Suopervisions And Curriculum And Development Pp 54-57
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Meltzer, D.E. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a Possible “Hidden Variable”in Diagnostic Pretest Scores. Department of Physics a and Astronomy, Lowa State University, Ames, Lowa 50011.Am. J. Phys, vol 70, no. 12, halaman 1259-1268
Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kurikulum SMA. Jakarta: Diknas
____________. (2013). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 64 tahun 2013 tentang Standar Isi Kurikulum 2013. Jakarta: Diknas
Shintania, Yunita. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Science Terpadu dengan Tema “Hujan Asam” untuk Siswa Kelas VII MTs. Negeri Pakem Sleman Yogyakarta. Tesis S2 Pascasarjana UNY. Yogyakarta. (Unpublished)
Thiagarajan, Sivasailam, Dkk. (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exeptional Children. Minesota : Indiana University.
Winnie, S. (2009). Pendekatan Kombinasi Metode AHP dan Metode Cut Off Point pada Tahap Analisis Keputusan Perancangan Sistem Informasi Penjualan PT.X.http://eprints.undip.ac.id. Diakses 10 Mei 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.