Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Jiwan Tahun Ajaran 2015/2016

Dewi Fatimah, Farida Huriawati, Jeffry Handhika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jiwan tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa.Penelitian dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2016. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi untuk analisis data kualitatif, serta tes penilaian kognitif siswa sebagai analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil tes pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yaitu nilai rata–rata kelas tes siklus I adalah 61,25  meningkat menjadi 77,80 pada tes siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Talking Stickterbukti dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jiwan.

Kata Kunci: Hasil  Belajar, Fisika dan Talking Stick.

Full Text:

PDF

References

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor –Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Jamal Ma’murAsmani. 2014. Tips Membangun Komunitas Belajar di Sekolah. Jogjakarta: Diva press.

Rusman. 2013. Belajar & Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran & Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aqib, Zainal. 2013. Model – Model, Media, & Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran & Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Betty Widya Asri, Isa Ansori. 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Menggunakan Model Talking Stick Dengan Media AUDIO_VISUAL. Joyful Learning Journal (Online), Vol 4 No 3 (2015)http://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/jlj/8402, diunduh 20 Juni 2016 Pukul 13.54)

Karnia Yaberdak Gintoe, Yusuf Kendek dan Amiruddin Hatibe. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) (Online), Vol. 3 No. 4 ISSN 2338 3240, (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=393740&val=717&title=PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20TALKING%20STICK%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20IPA%20FISIKA%20PADA%20SISWA%20KELAS%20V11%20SMP%20NEGERI%209%20PALU, Diunduh 26 Maret 2016 Pukul 21.10 WIB).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.