Pengembangan Modul Fisika Materi Gerak Parabola Berbasis Generative Learning

Destia Mareta Dyah Santoso, Winarti Winarti

Abstract

Abstract:. Generative learning is a learning strategy with constructivism approach, where the students have the opportunity to construct their own knowledge. The aims of this study is 1) to design a physics module based on generative learning for the topic of parabolic motion. 2) to know the quality of the physics module based on generative learning for the topic of parabolic motion. 3) to know students responses about the developed physics module. This study is an R&D research with procedures which adapts the development procedures of the 4D model, this model consists of define, design, develop, and disseminate. The data collecting technique in this study is the non-test technique with a questionnaires method. The instruments which used are validation sheets, module evaluation sheets, and students responses questionnaires. The result of this study are 1) it has been developed a physics module for the topic of parabolic motion based on generative learning 2) the quality oh physics module based on generative learning, based on the assessment of physics material experts, media experts, physics teachers has the excellent result with an average score 3,44; 3,66; and 3,64. And 3) the student’s responses in a limited test show that the average students give agreement to the developed product with average score 0,95. These study results show that a physics module based on generative learning for parabolic motion topic is suitable yo use for one of the self-learning references.

Abstrak: Generative Learning merupakan strategi pembelajaran dengan pendekatan kontruktivisme, dimana peserta didik dapat memperoleh kesempatan untuk mengkontruksi pengetahuannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendesain modul fisika berbasis generative learning pada materi pokok gerak parabola; 2) mengetahui kualitas modul fisika berbasis generative learning pada materi pokok gerak parabola; 3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul fisika yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan prosedural yang mengadaptasi prosedur pengembangan perangkat model 4-D, yakni define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik non tes dengan metode angket. Adapun instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar penilaian modul, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini antara lain: 1) telah dihasilkan modul fisika materi gerak parabola berbasis generative learning; 2) kualitas modul fisika berbasis generative learning berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika memiliki kategori Sangat Baik dengan skor rerata berturut-turut 3,44; 3,66; dan 3,64; dan 3) respon peserta didik pada uji terbatas menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik menyatakan Setuju dengan adanya produk yang dikembangkan dengan skor rerata 0,98 dan respon peserta didik pada uji luas menunjukkan bahwa peserta didik menyatakan Setuju dengan adanya produk yang dikembangkan dengan skor rerata 0,95. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul fisika berbasis generative learning pada materi gerak parabola layak dijadikan sebagai salah satu sumber belajar mandiri.

Keywords

modul fisika; generative learning; gerak parabola

Full Text:

PDF

References

Abidin, Y. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Agnafia dkk. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Generative Learning pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kedunggalar Ngawi. Jurnal Inkuiri, Vol 6, No 2 (hal 67-82)

Anaperta, M. 2015. Praktikalitas Modul Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Generatif pada Materi Listrik Dinamis Terintegerasi Kelistrikan Jantung. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, Vol 2, No 1 (2015) 23-32.

Arifin, Z. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Dian Putri Kusuma, Arif Maftukhin, Nur Ngazizah. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Joyfull Learning Guna Meningkatkan

Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TP D SMK TKM Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Radiasi, 8 (1) 1-11.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Firmansyah, Eka. 2017. Efektifitas pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Matematisasi Siswa di SMP. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1, Hal 43.

Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis : Sebuah Pengantar. Jakarta:Erlangga.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Irwandani, Rofiah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Generative terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTS Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-BiRuNi, 4(2): 165-177.

Jatisunda. 2017. Pengaruh Pendidikan Kontruktivisme terhadap Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Talaga Tahun Pelajaran 2015/2016). Jurnal THEOREMS, Vol. 2 No.1, hal. 57-66

Kuswana, W.S. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyatiningsih, E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika untuk Penelitian Administrasi Pendidikan Bisnis Pemerintahan Sosial Kebijakan Ekonomi Hukum Manajemen Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sharfina, dkk. 2017. Model Pembelajaran Generatif terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No. 01, hlm 102-106.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wena, M. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wittrock, Merlin C. 1992. Generative Learning Processes of The Brain. Journal of Educational Psychologist, 27(4): 531-541.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.