Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep
Abstract
Abstract: This study aims to analyze the POE learning model for understanding physics concepts. The method used in this research is a meta-analysis. Meta-analysis is research that examines the results of similar studies. Data obtained from national and international journal documents taken by purposive sampling based on conformity with the research theme. Data analysis using quantitative data analysis with presentations and qualitative data analysis in the form of descriptions of research results found. Based on data analysis, it found that the POE learning model can improve students' understanding of concepts.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Meta analisis merupakan penelitian yang mengkaji hasil penelitian yang sejenis. Data diperoleh dari dokumen-dokumen jurnal nasional maupun internasional yang diambil secara purposive sampling berdasarkan kesesuaian dengan tema penelitian. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan presentasen dan analisis data kualitatif berupa deskripsi-deskripsi hasil penelitian yang ditemui. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa model pembelajaran POE dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, Lorin W, dan David R. Krathwohl. 2010. Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jakarta:Depdiknas Pendidikan Tinggi dan Ketenagaan.
Liew, C.W. 2004. The Effectiveness of Predict, Observe, Explain Technique in Diagnosing Studens’ Understanding of Science and Identifying Their Level of Achievement.
Joyce, B. dan Marsha Weil. 2009. Model of Teaching Model Model Pengajaran. (Terj.) Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2014. Buku Guru: Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Liang, J.C. 2011. “Using POE to Promote Young Children’s Understanding of the Properties of Air”, Asia-Pasifik Journal of Rereach in Early Childhood
Education, Vol. 5, No. 1.
Memes, Wayan. 2000. Model Pembelajaran Fisika di SMP. Jakarta: Proyek Pemgembangan Guru sekolah Menengah.
Permatasari, Obimita Ika. 2011. “Keefektifan Model Pembelajaran Predict-Observe- Explain (POE) Berbasis Kontekstual dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII pada Pokok Bahasan Tekanan”. Skripsi UNNES Semarang.
Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sari, Kurnia Novita. 2014. “Keefektifan Model Pembelajaran POE (Predict- Observe-Explain) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda pada Siswa Kelas V SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal”. Skripsi UNNES Semarang.
Sudjana, Nana. 2012. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suparno, Paul. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Kontruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Teerasong, S., et.al. 2007. “Development of a Predict-Observe-Explain Strategi for Teaching Flow Injektion an Undegraduate Chemistry”’ The Internasioal Journal of Learning, Vol. 17, No. 3.
Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
White dan Gunstone. 1992. Probing Understanding. Hongkong: Graficraft Typosetters Ltd.
Wu, Y.T. dan C.C. Tsai. 2005. “Effects of Constructivistoriented Instruction on Elementary School Students’ Cognitive Structures”, Jornal of Biological Education, Vol. 39, No. 3.
Yupani, Garminah, dan Mahadewi. 2013. ”Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV”. Laporan Penelitian Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 5, Nomor 1, Juni 2017 9
Refbacks
- There are currently no refbacks.