PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SESUAI MODEL APTITUDE TREATMENT INTERACTION PADA MATERI FLUIDADINAMIS

Franciska Ayuningsih Ratnawati

Abstract

Abstract: This research aims to determine the success of learners in following the learning of Dynamic Fluid material. This research type is Research and Development (R & D) research. Research population is the student of the class of XI IPA.SMA Negeri 1 Gamping Selection of a sample based on a result of low pretest learning, medium, and height. The ATI (Aptitude-Treatment Interaction) model is an effort to increase motivation, achievement and student learning outcomes. The data in the writing of this paper is processed using a comparative analysis of two independent samples. The results showed that learners who were given teaching (treatment) of learning with aptitude treatment can raise the value of learning outcomes.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui keberhasilan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran materi Fluida Dinamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D).Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA.SMA Negeri 1Gamping Pemilihan sample berdasarkan hasil belajar pretest rendah, tinggi dan sedang.Adapun Model pembelajaran ATI (AptitudeTreatment  Interaction)merupakan  upaya  untuk  meningkatkan  motivasi,  prestasi  dan  hasil  belajar siswa. Data dalam penulisan makalah ini diolah menggunakan analisis komparatif dua sampel indepedent. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik yang diberi pengajaran (perlakuan) pembelajaran dengan aptitude treatment dapat menaikkan nilai hasil belajar.

Keywords

ATI; Hasil Belajar; LKPD Materi Fluida Dinamis

Full Text:

PDF

References

Sulisworo, Dwi dan Umi Sulfiah. 2016. Pengembangan media pembelajaran konstektual menggunakan komik fisika untuk peserta didik SMP/MTs kelas VII pada pokok bahasan kalor. Berkala fisika Indonesia Vol.8 (2): 31-37.

Suparwoto dan Cucu Cahyaningsih.2017,Pengembangan Pembelajaran melalui Peta Konsep untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fluida Dinamis Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Kemampuan Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Klaten, Jurnal pendidikan fisika vol.6 no 4 : 305.

Snow, E Richard. 1991 Aptitude treatment interaction as a framework for research on individual diffrences in psychotherapy. Journal of consulting and clinical phsychology. 1991, vol.59 no 2, 205-216.

Mundilarto.2012. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Jogjakarta: UNY Press

Surachman.1998.Pengembanagn Bahan Ajar. Yogya: FMIPA IKIP.

Giancoli Douglas C.2001. Fisika/Edisi Kelima, Jilid I .Jakarta .Erlangga S.

M. Agarwall and A. Grover, Nucleotide Composition and Amino Acid Usage in AT-Rich Hyperthermophilic Species, The Open Bioinformatics Journal, Vol. 2, 2008, pp. 11-19.

Allen, W. C. (2006). Overview and evolution of the ADDIE training system. Advances in Developing Human Resources, 8(4), 430-441.

Widyawati.2016. Pengembangan Modul Pembelajaran pada Mata Pelajaran Tehnik Instalasi Listrik di SMK PGRI 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan tehnik elektro. Vol5(2):549-556.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rahman, Muhammad dan Amri Sofan.2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.