Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Gerbang Logika Berbasis IT Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Hasil Belajar Mahasiswa

Sulistyaning Kartikawati, Hendrik Pratama

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Gerbang Logika Berbasis IT dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Kelas penelitian diberi  perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran gerbang logika berbasis IT. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran gerbang logika berbasis IT, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir dan hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data ada 2 macam yaitu teknik analisa data kemampuan berpikir dan teknik analisa data hasil belajar mahasiswa. Analisis uji hipotesis penelitian ini menggunakan  uji-t dengan taraf signifikan 5 %. Kriteria uji-t adalah sebagai berikut, Ho diterima/H1 ditolak jika t hitung lebih kecil dari t tabel dan Ho ditolak/H1 diterima jika t hitung lebih besar dari t tabel. Dari hasil uji t untuk kemampuan berpikir diperoleh t hitung = 15,671, dan t tabel = 1,746, dan hasil uji t untuk hasil belajar diperoleh t hitung = 12,33 dan t tabel = 1,746, karena t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak/H1 diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran gerbang logika berbasis IT dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar mahasiswa.

Keywords

Media gerbang logika; Berbasis IT; Kemampuan Berpikir; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamzah & Nina. (2010). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rahman dkk. (2008). Optimasi Macromedia Flash Untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Volume 1, Nomor 2.

(http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196601011991031-WAWAN_SETIAWAN/12._Optimalisasi_Flash.pdf) diunduh pada 14 Agustus 2017

Robertus & Kosasih. (2017). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Siregar. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sundayana. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.

Teknologi Informasi. 2005 http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.