Implementasi Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Getaran, Gelombang dan Bunyi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif

Anna Dwi Hapsari, Jeffry Handhika, Farida Huriawati

Abstract

Abstrak; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan inkuiri terbimbing pada materi getaran, gelombang dan bunyi terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Madiun sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda yang sebelumnya telah di uji instrumen meliputi validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu N-Gain untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar pada aspek C1 sampai C4 berada pada kategori sedang. Peningkatan hasil belajar tertinggi terdapat pada kategori C2. Peningkatan hasil belajar keseluruhan diperoleh N-Gain sebesar 0,46 dengan kategori sedang.

Keywords

Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar Kognitif.

Full Text:

PDF

References

Afiatun, U., & Putra, N. (2015). Implementasi Model Think Pair Share (TPS) Berbasis Problem Posing (PP) pada Pembelajaran Fluida Dinamis. Unnes Physics Education Journal. 4 (1); 2252-6935.

Dewi, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, vol 3.

Maretasari, E., Subali, B., Hartono. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium untuk Mningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal. 1 (2); 2252-6935.

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2); 2477-4820.

Thursinawati. (2012). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Pemahaman Hakikat Sains Siswa. 3(1), 2086-1397.

Vitayana, D., Kendek, Y., Fihrin. (2015). Peningkatan Hasil Belajar dengan Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dampelas. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). 3 (1); 2338 3240.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.