Implementasi Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Sambirejo
Abstract
Abstract: The purpose of this research is to improve student's learning achievement with web-based E-Learning media in grade X students of SMK Negeri 1 Sambirejo Sragen. This research is in the form of Classroom Action Research (PTK) with satusiklus. Each cycle includes the planning, implementation, observation, and reflection phases. The subject of this research is the students of class X SMK Negeri 1 Sambirejo Sragen semester of the academic year 2016/2017, with the number of students 32 students. Instrument of data collecting in this research is observation sheet, student response questionnaire sheet to learning, pre test pre test and post test to measure student achievement improvement. Sample selection technique in this research is cluster random sampling. The results showed the average value of student achievement improvement cycle 1 and cycle 2 which is expressed with the average N-Gain has increased with the acquisition in cycle 1 of 43.00 which is categorized and increased in cycle 2 of 72.56 are categorized being . As for the size of the impact or Effect Size in learning process shows the average value of student achievement increase from cycle 1 and cycle 2 to get the effect large 0.841 categorized effect. Based on the results of research conducted to prove that web-based E-Learning learning media can improve learning achievement as well as provide a great impact for students of class X SMK Negeri 1 Sambirejo Sragen. These findings provide new insight into the role of teachers and the different student control dimensions in E-Learning with implications for learning processes and improved learning achievement. Given E-Learning has been widely used in various kinds of other learning facilities, which is able to attract the attention of its users to be more innovative and creative.
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan media pembelajaran E-Learning berbasis web pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sambirejo Sragen. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan satusiklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Sambirejo Sragen semester genap tahun ajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa 32 siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar observasi, lembar angket respon siswa terhadap pembelajaran,tes pilihan ganda pre test dan post test untuk mengukur peningkatan prestasi belajar siswa. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata peningkatan prestasi belajar siswa siklus 1 dan siklus 2 yang dinyatakan dengan rata-rata N-Gain mengalami peningkatan dengan perolehan pada siklus 1 sebesar 43,00yang dikategorikan sedang dan meningkat pada siklus 2 sebesar 72,56 yang dikategorikan sedang. Sedangkan untuk ukuran dampak atau Effect Sizedalam proses pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus 1 dan siklus 2 memperoleh nilai Effect Size sebesar 0,841 yang dikategorikan besar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa media pembelajaran E-Learning berbasis web dapat meningkatkan prestasi belajar sekaligus memberikan dampak yang besar bagi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sambirejo Sragen. Temuan ini memberikan wawasan baru tentang peran guru dan dimensi kontrol pelajar yang berbeda dalam E-Learning dengan implikasi untuk proses pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar. Mengingat E-Learning sudah banyak dimanfaatkan diberbagai macam fasilitas pembelajaran yang lain, yang mampu menarik perhatian penggunanya untuk lebih inovatif dan kreatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Arifin, Z. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ayre, C., & Scally, A. J. (2013). Critical Values for Lawshe’s Content Validity Ratio: Revisting the Original Methode Of Calculating. Methods Plainly Speaking, Vol 47 (1), 79-86.
Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning Teori Dan Desain. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
Dunne, E. a. (1996). Education. New York: Taylor & Francis e-Library.
Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendakatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Harton, W. H. (2003). E-Learning Tools and Technologies: A consumer guide for trainers, teachers, educators, and instructional designers. USA: Wiley Publishing, Inc.
Koran, J. K. (2002). Aplikasi ‘E-Learning’ Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Di Sekolah-Sekolah Malaysia: Cadangan Perlaksanaan Pada Senario Masa Kini, Pasukan Projek Rintis Sekolah Bestari Bahagian Teknologi Pendidikan . Malaysia: Kementrian Pendidikan Malaysia.
Mudlofir, A. (2015). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Popham, W. J. (2003). Test Better, Teach Better: The Instructional Role of Assessment. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar (p. 50). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Renstra, K. (2015). Rencana Strategis Sekretariat Jenderal 2015-2019. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Risnawati, I., Kaniawati, I., & Efendi, R. (2013). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasia Fisika Outdor Dengan Menggunakan Modul Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 1, 66-75.
Rosenberg, M. J. (2001). E-Learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. United State: The McGraw-Hill.
Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Rudyanto, A.M. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: PT Andi Perkasa.
Sobry, S. (2008:87). Belajar dan Pembelajaran. In Rusman, D. Kurniawan, & C. Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (p. 87). Bandung: Prospect.
Suparwoto. (2015). Laporan Tahunan 2014. Jakarta: Kementrian Komunikasi dan Informatika.
Trianto.(2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.