Analisis Interaksi Model Pembelajaran dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Perpindahan Kalor Kelas X Semester II SMA Negeri 16 Medan
Abstract
Abstract: The research aim is known influence of interaction between learning model and ability level of critical thinking from learning outcomes of physics. Type of this research is quasy experiment with two group pretest-posttest design. The population of this research are all the students X grades semester II, which consist of four classes with cluster random sampling which X-Mia3 as experiment class and X-Mia2 as controlling class. The instrument to take data of outcomes learning is essay test with 8 questions and test of critical thinking in essay in 10 questions. Both of questions are validated of 4 validations to resulting valid instrument. The instrument of learning outcomes which have valid applying for students before studying activity. In the start of study, the student is given critical thinking question and then analyzing the data, interaction between learning model and level of high ability critical thinking for outcomes learning of physics. In conclusion, model of learning more domain than level of outcomes learning ability to critical thinking.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intreaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X-Mia3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-Mia2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 8 soal dan tes berpikir kritis dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal. Kedua soal divalidasi oleh 4 validator sehingga menghasilkan instrumen yang lebih valid. Instrumen tes hasil belajar yang sudah valid diterapkan terhadap siswa sebelum dilakukan kegitan belajar mengajar (ujiawal). Awal pembelajaran diberikan soal berpikir kritis, kemudian data tersebut dianalisis, menghasilkan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi terhadap hasil belajar fisika. Dalam hal ini, model pembelajaran lebih dominan dibandingkan dengan tingkat kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad H. A., (2007), Implementation of Problem-Based Learning (PBL) in Foundation PhysicsSubject, Journal Science Department, Centre of Science Study.
Arends, R. I., (2008), learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) buku dua, Pustaka Belajar, Yogyakarta
Ennis, R. H., (1996), Critical Thinking, Prentice-Hall Inc, USA.
Filsaime, D. K., (2008), Menguak Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Prestasi Pustakarya, Jakarta.
Fisher, A., (2009),Berpikir Kritis, Erlangga, Jakarta.
Padang, D. J., (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbantu Animasi Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A. 2013/2014, Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Pohan, A. F., (2013), Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis kelas IX SMP N 5 Pematangsiantar T.P 2012/201, Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Saputra, O., Nurjanah., Mansyur, J., (2011), Pengaruh Problem Based Learning Menggunakan Alat Sederhana Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 7 Palu, Jurnal Pendidikan Fisika Talukado.
Selcuk, G., Caliskan, S., (2010), A small-scale study comparing the impacts of problem-based learning and traditional methods on student satisfaction in the introductory physics course. Procedia Social and Behavioral Sciences, Turkey.
Sulaiman, F., (2010), Students' Perceptions of Implementing Problem-Based Learning in a Physics Course, Procedia Social and Behavioral Sciences, New Zealand
Syahfitri., (2014), Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas VIII semester I SMP Satria Darma Perbaungan T.P 2013/2014, Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Yunita K., dan Mohan T. M., (2014), Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dilengkapi Media Virtual Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika SMA/Ma Volume 7 Nomor 2, Media Sains Jurnal Penelitian
Refbacks
- There are currently no refbacks.