Aplikasi Kalkulator Fisika untuk Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) Berbasis Adobe Flash Pro CS6 Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran

Alhidayatuddiniyah T.W.

Abstract

Abstract:. The purpose of this research is to: (1) produce application of Physics Calculator for Junior High School (SMP) based on Adobe Flash Pro CS6 and (2) to know the feasibility of Physics Calculator application. This application presents a model of physics formula based on basic competence with animation on each material and practice questions with the model referring to UN-CBT standard (National Test-Computer Based Test), in addition to the completion of output in Physics Calculator application showing how to solve . The research and development method used refers to the concept of ADDIE. The feasibility test of Physics Calculator application is done by distributing assessment sheet or validation to two media experts, two material experts, and 9th grade student SMPN 102 Jakarta responses. The percentage of respondents' assessment of Physics Calculator app by media experts, material experts, and students is 93.45%, 94.10%, and 92.44%. From the tests performed known menu and application features in accordance with the design and work well on Windows 10 operating system, and learning media becomes more interesting and innovative.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk: (1) menghasilkan aplikasi Kalkulator Fisika untuk Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) berbasis Adobe Flash Pro CS6 dan (2) mengetahui kelayakan aplikasi Kalkulator Fisika. Aplikasi ini menyajikan model perhitungan rumus fisika yang berdasarkan kompetensi dasar dengan animasi pada setiap materi dan soal-soal latihan dengan model yang mengacu pada standar UN-CBT (Ujian Nasional-Computer Based Test), selain itu output penyelesaian pada aplikasi Kalkulator Fisika menampilkan cara penyelesaiaanya. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada konsep ADDIE. Pengujian kelayakan aplikasi Kalkulator Fisika dilakukan dengan membagikan lembar penilaian atau validasi kepada dua ahli media, dua ahli materi, dan respon siswa kelas IX SMPN 102 Jakarta. Hasil persentase penilaian responden terhadap aplikasi Kalkulator Fisika oleh ahli media, ahli materi, dan siswa sebanyak 93.45%, 94.10%, dan 92.44%. Dari pengujian yang dilakukan diketahui menu dan fitur aplikasi sesuai dengan rancangan dan berfungsi dengan baik pada operating system Windows 10, serta media pembelajaran menjadi lebih menarik dan inovaif.

Keywords

kalkulator; Adobe Flash Pro CS6; validasi; operating system Windows 10; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Hidayatullah, Priyanto, dkk. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan FLASH: Membuat Presentasi Visualisasi Materi Pelajaran Lebih Menarik. Bandung: Penerbit Informatika.

Muslim, Miftah, dkk. (2008). Cara Mudah Menghadapi Ujian Nasional 2008 IPA SMP. Jakarta: Grasindo.

Parwatiningtyas, Diyan, dkk. (2016). Fisika Universitas. Jakarta: Unindra Press.

Siswanto, dkk. (2013). Maestro Olimpiade Fisika SMP, Seri A. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sudjana N. & Rivai A. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Yuhiantoro, Dhani. (2006). Macromedia FLASH Professional 8. Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.

Zaelani, Ahmad, dkk. (2006). 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Fisika. Bandung: Yrama Widya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.