REPRESENTASI NILAI FORMAL DALAM TEKS BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA: MODEL NORMAN FAIRCLUOGH

Nurhikmah Nurhikmah, Jufri Jufri, Syamsudduha Syamsudduha

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan nilai formal dalam pilihan kosakata, pilihan gramatika, dan struktur teks yang terdapat dalam teks buku pelajaran bahasa Indonesia SMA. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif dengan paradigma kritis yang dikategorikan dalam penelitian analisis wacana kritis. Data penelitian berupa kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks dalam buku pelajaran bahasa Indonesia di SMA. Data dianalisis dengan menggunakan teknik dokumetasi, teknik baca, dan teknik catat. Hasil penelitian ditemukan fitur kosakata nilai eksperensial yakni antonim dan hiponim; nilai relasional ditemukan kata informal; nilai ekspresif ditemukan penilaian positif; fitur gramatika nilai eksperensial ditemukan kalimat aktif, kalimat pasif, kalimat positif, kalimat negatif; nilai relasional ditemukan kalimat pertanyaan, kalimat pernyataan, dan kalimat perintah; nilai ekspresif ditemukan modalitas ekspresif; struktur teks pada kaidah interaksional ditemukan gilir tutur dan pemaksaan keterbukaan. Dalam setiap data yang ditemukan mengandung ideologi dan kekuasaan yang disampaikan melalui kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf.

Keywords

nilai formal; teks buku pelajaran bahasa indonesia sma; model norman fairclough

Full Text:

PDF

References

Fairclough, N. (2003). Language and Power: Relasi Bahasa, Kekuasaan, dan Ideologi. Boyan.

————.1995. Critical Discourse Analysis: the Critical Study of Language. London dan New York: Longman.

Fauzan, Umar. (2013). Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Pendidik, Volume 5, Nomor 2.

Rohana&Syamsuddin. Wacana Kritis. Cv. Samudra Alif-Mim.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.