PEMANFAATAN BAHASA PADA PENANDAAN TOKOH NADIRA DALAM NOVEL NADIRA KARYA LEILA S. CHUDORI

Restu Sukesti

Abstract

Abstrak: Bahasa digunakan untuk merepresentasikan karakter tokoh dalam sebuah novel. Novel Nadira karya Leila S. Chudori memiliki tokoh sentral, yaitu Nadira, nama yang sama seperti judul novel tersebut. Tokoh Nadira diceritakan dalam novel tersebut cukup dominan dibandingkan dengan tokoh lain, mulai dari awal hingga akhir cerita meskipun alurnya berputar cukup rumit. Untuk itu, kajian ini berfokus pada penandaan bahasa sebagai pembangun karakter tokoh Nadira dalam novel Nadira karya Leila S. Dengan permasalahan seperti apa: (1) bentuk bahasa dalam penokohan; (2) jenis penanda kebahasaan. Kajian ini dalam bentuk deskriptif kualitatif dengan metode analisis struktural dan konseptual kebahasaan dalam domain mofolologis, sintaktis, dan wacana. Hasilnya ialah (1) pembangun imaji karakter Nadira berbentuk deskriptif (naratif) dan percakapan; (2) penokohan ditampilkan dalam bentuk tersurat maupun tersirat; (3) penanda penafsiran penokohan dalam bentuk teks dan konteks; dan (4) ada sepuluh karakter yang muncul secara dominan pada penokohan Nadira. Hasil kajian ini sangat bermanfaat untuk mengungkap daya bahasa dalam sastra sehingga studi bahasa dan studi sastra sebagai dua sisi mata uang yang sama pentingnya sebagai sebuah kolaborasi ilmiah.

Keywords

karakter tokoh; Nadira; pemanfaatan bahasa; penanda bahasa

Full Text:

PDF

References

Kumpulan, Dalam, Cerpen Dari, Nadira Karya, and Leila S. Chudori. 2009. “Dinamika Kepribadian Tokoh Nadira Dalam Kumpulan Cerpen 9.” 2(1):139–47.

Mardhiah, Ainun, Joko Hariadi, and Prima Nucifera. 2020. “Analisis Tokoh Dan Penokohan Dalam Novel Keajaiban Adam Karya Gusti M Fabiano Tahun 2019.” Jurnal Samudra Bahasa 3(1):35–44.

Novela, Kiki Putri. 2020. “Eksistensi Citra Perempuan Dalam Novel Nadira Karya Leila S. Chudori.” SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 8(2).

Riani, Ucha, Mukhlis, and Subhayni. 2013. “Analisis Tokoh Dan Penokohan Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Suprapto, Lina, Andayani, and Budi Waluyo. 2014. “Kajian Psikologi Sastra Dan Nilai Karakter Novel 9.” Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya 2(3):1–15.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.