Kalimat Negasi Tidak Kecuali Dalam Ayat Sesuai Hahslm 472319 Di Era Ekonomi Covid

RM Aziz

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to analyze the syntax of negation sentences on the words no and except in the Quran Surah Adz-Dzariyat [51]:56 with the Hahslm 472319 approach in the economic era of covid. The object of this research is the translation of the Quran Surah Adz-Dzariyat [51]: 56 which reads wama kholaqtul jinna wal insa illa liya' budun. This literature study is based on references to journals, books, the Quran in the original Arabic and Indonesian translations as well as other electronic media. The methodology used is descriptive analytical in the syntax sentence structure of Indonesian. The method used is similarity and reflexivity with the Hahslm 472319 approach. The results obtained are that the translation of QS. Adz-Dzariyat [51]:56 that is and I did not create the jinn and humans except for worship. Initially the object of the sentence sequentially after the word I was the word jinn and human, then followed by the word worship. Semantically, these 2 objects, the first human and the second worship are nouns and verbs. With the addition of 2 negation words, the order of objects changes to the second object first, namely worship, then followed by the first human object. The conclusion is that the subject I in the negation sentence first makes the design of worship first, then proceeds to create humans.

Abstrak: Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis sintaksis kalimat negasi pada kata tidak dan kecuali dalam Quran Surat Adz-Dzariyat [51]:56 dengan pendekatan Hahslm 472319 di era ekonomi covid. Obyek penelitian ini adalah terjemahan Quran Surat Adz-Dzariyat [51]: 56 yang berbunyi wama kholaqtul jinna wal insa illa liya’ budun. Studi literatur ini berdasarkan referensi jurnal, buku, Quran dalam Bahasa Arab asli dan terjemahan Bahasa Indonesia serta media elektronik lainnya. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif analitis dalam kalimat sintaksis struktur Bahasa Indonesia. Metode yang dipakai adalah similaritas dan refleksivitas dengan pendekatan Hahslm 472319. Hasil yang diperoleh bahwa terjemahan QS. Adz-Dzariyat [51]:56 yaitu dan tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk ibadah. Semula obyek kalimat secara berutur setelah kata aku adalah kata jin dan manusia, kemudian disusul dengan kata ibadah. Secara semantik, 2 obyek ini, yang pertama manusia dan yang kedua ibadah merupakan kata benda dan kata kerja. Dengan imbuhan 2 kata negasi, maka urutan obyek berubah menjadi obyek kedua lebih dahulu yaitu ibadah, kemduain disusul dengan obyek pertama manusia. Simpulan bahwa subyek aku dalam kalimat negasi tersebut pertama kali membuat desain ibadah lebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan menciptakan manusia.

Keywords

negation; no; except; human, worship

Full Text:

PDF

References

Abu al-Qasim Jar Allah Muhammad ibn Umar ibn Muhammad al- Zamakhsyariy. (1995). al-Kasysyaf an Haqa’iq al-Tanzil wa al-‘Uyun al- Aqawil fi Wujuh al-Ta’wil, Beirut: Dar al-Fikr.

Abu Husain Ahmad ibn Faris ibn Zakariya. (1994). Mu’jam al- Maqayis fi Lughah, Beirut: Dar al- Fikr.

Ad Dimasyqi, Al Imam Abu Fida Isma’il Ibnu Kasir. (2007). Tafsir Ibnu Kasir, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Adlany, A. Nazri dkk. (2005). Al Qur’an Terjemah Indonesia, Jakarta: Sari Agung Aidarus.

Afif Muhammad. (1998). Islam “Maz- hab” Masa Depan, Menuju Islam non Sektarian, Bandung: Pustaka Hidayah

Ahmad Musthafa al-Maraghiy, (1974). Tafsir al-Maraghiy, Mesir: Musthafa al-Bab al-Halabiy.

Aisyah Bintu Syati. (1999). Manusia dalam Perspektif al-Quran, Penterjemah: Ali Zawawi, judul asli: Maqal fi al-Insan, Dirasah Quraniyyah, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Al Qatton, Mana’ Khalil. (2007). Study Ilmu Qur’an, Bogor: Litera Anta Nusa

Al-Sheikh, Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurrahman Bin Ishaq. (2004). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 8, Bogor: Pustaka Imam Asy Syafi’I.

Al-Sheikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq. (2004). Lubaabut Tafsiir Min Ibni Katsiir (Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7), terj. M. Abdul Ghoffar F.M dan Abu Ihsan al-Atsari, Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Armai Arief. (2005). Reformulasi Pen- didikan Islam, Jakarta: CRSD Press.

Armstrong, Amatullah. (1996). Sufi Terminology (Al-Qamus Al Sufi) The Mysrical Language of Islam (Kunci Memasuki Dunia Sufi). Terj. M.S. Nashrullah dan Ahmad Baiquni. Bandung: Penerbit Mizan.

Assamarqandi, Nasar bin Muhammad bin Ibrahim. Tt. Tanbighul Ghofilin, Bandung: Sarikat Al Ma’rifat.

Baidan, Nashrudin. (2005). Metodologi penafsiran Al Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barry, M. Dahlan Yacub Al. (1994). KamusI lmiah Populer, Yogyakarta: Arkola.

Chodjim, Achmad. (2002). Syekh Siti Jenar Makna “Kematian”, Jakarta timur: Serambi.

Departemen Agama RI. (2011). Al Qur’an dan Tafsirnya Jilid 1. Jakarta: Widya Cahaya.

Departemen Agama RI. (2011). Al Qur’an dan Tafsirnya Jilid 9, Jakarta: Widya Cahaya.

Dimasyqi, Al Imam Abu Fida Isma’il Ibnu Kasir Ad. (2000) Tafsir Ibnu Kasir Juz I. Bandung: Sinar Baru Agesindo.

Dimasyqi, Al Imam Abu Fida Isma’il Ibnu Kasir Ad. (2004). Tafsir Ibnu Kasir Juz 27, Bandung: Sinar Baru Al gesindo.

Fajri, EM Zuldan Senja, Ratu Aprillia. (2006). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, S. Indonesia: Difa Pubisher.

Fanani, Zainal. T.tt. Wawasan Al Qur’an Tentang Shalat (Kajian Ata sSurat Al Ankabu tAyat 46, Surat Thaha Ayat 232, Surat An anisa’ Ayat 103.

Fathurahman, Oman. (1999). Tanbih Al Masyi Menyoal Wahdatul Wujud Kasus Abdurrauf Singkel di Aceh Abad 17, Bandung: Mizan.

Fazlur Rahman. (1996). Tema Pokok al- Quran, judul asli, Major Themes of The Quran, penerj. Anas Mahyuddin, Bandung: Pustaka,

Ghafur, Waryono Abdul. (2013). Tafsir Al-Fatihah: Menggani Makna Aktual Meraih Hikmah Kontekstual, Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.

Ghazali, Muhammad Luthfi. (2007). Percikan Samudra Hikam, Semarang: Abshar Gusmian,

Hafidz, Ahsin W. Al. (2005). Kamus Ilmu Al Qur’an, Jakarta: Amzah.

Hajjaj, Muhammad Fauqi. (2013). Tasawuf Islam danAklak, Jakarta: Amzah,

Harahap, Syahrin dan Nasution, Hasan Bakti. (2003). Ensiklopedia Aqidah Islam, Jakarta: Kencana.

Hawwa, Sa’id. (2014). Al Mustakhlas fi Tazkiyatil Anfus, Solo: PT Era Adicitra Intermedia.

Irwandar. (2003). Demitologisasi Adam dan Hawa, Jogjakarta: Ar-Ruzz.

Islah. (2002). Khasanah Tafsir Indonesia, Bandung: Penerbit Teraju.

Jumantoro, Totokdan Amin, Samsul Munir. (2005). Kamus Ilmu Tasawuf, Jakarta: Amzah.

Khan, Majid Ali. (1987). Konsepsi Islam tentang Asal Usul Dan Evolusi Kehidupan, Yogyakarta: Penerbit PLP2M.

Kurdi, Muhammad Amin Al. (2015). Tanwirul Qulub fi Mu’amalatu ‘Alamul Ghuyub, Semarang: Toha Putra.

Muhammad Fuad Abdul Baqi. (1992). Mu’jam al-Fahrasy li al-Fazh al- Quran al-Karim, Beirut: Dar al- Fikr,

Muhammad Hasan al-Himshi, Mufradat al-Quran, Tafsir wa Bayan, Beirut: Dar al-Fikr, t.th

Muhammad Husein Thaba Thaba’iy. (1991). al-Mizan fi Tafsir al-Quran, Beirut: Mu’assasah a-A’lami li al- Mathbu’at,

Musnamar, Tohari. (2004). Jalan Lurus Menuju Ma’rifatullah, Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Mustaqim, Abdul. (2013). Akhlak Tasawuf (Lelaku Suci Menuju Revolusi Hati), Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Muthmainah. (2012). Analisa Stilistika Pada Surat Al-Jinn. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Nasaburi, Abdul Qasim Abdul Karim Hawazin al Qusyairi An. (2013). Risalatul Qusyairiyah. Surabaya: Risalah Gusti.

Naufal (Novel) Bin Muhammad Al. (2014). Syukur Bahagia Tanpa Henti (Kumpulan Hikayat Yang Membangkitkan Rasa Syukur), Surabaya: Taman Ilmu.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (2009). Pedoman Penyusunan Skripsi, Tulungagung: Departemen agama (STAIN) Tulungagung.

Quthub, Sayyid. (2004). Fi Zhilalil Qur’an Jilid 1, Jakarta: Gema Insani. Raghib al-Ashfahaniy, al-Mufradat fi Gharib al-Quran, Beirut: Dar al- Ma’rifah, 502.

Razak, Nasrudin. (1993). Dienaul Islam, Bandung: Al Ma'arif.

Rosyanti, Imas. (2002). Esensi Al Qur’an, Bandung: Pustaka Setia.

Rustadi, dkk. (1995). Kamus Bahasa Arab Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al Qur’an Vol. 15, Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Quraish. (2003). Membumikan Al Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan.

Sumanta. (2014). Manusia Dan Hirarki Pengetahuan, Pemaknaan Komprehensif Terhadap Konsep Iqra Dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Diandra.

Supriyatmoko. (2008). Relasi Manusia Dan Alam Dalam Perspektif Al- Qur’an. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Syadi, Shalah. (2003). Mutiara Hikmah Kitab Madarijus Salikin, Jakarta: Najla Press.

Taulekan, Hamzah, dkk. (2011). Ahklak Tasawuf, Surabaya: IAIN SA Press.

Wahab, Zuhaili. (1996). Al Qur’an Paradigma Hukum dan Peradaban, Surabaya: Risalah Gusti.

Yasien Mohamed, (1997). Islam yang Suci, Konsep Fitrah dalam Islam, judul asli, Fitra, The Islamic Concept of Human Nature, Penerj. Mashur Abadi, Bandung: Mizan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.