Metafora Konseptual dalam Sastra Anak Virtual Indonesia

Nur Salamah, Djatmika Djatmika, Sumarlam Sumarlam

Abstract

Abstract: This research is a quantitative analysis and uses descriptive qualitative methods. The data is taken from eight digital children's stories from the Ipusnas collection that can be accessed by children during the pandemic. The theory that used is the conceptual metaphor of Lakoff & Johnson (2004) and Wahab (1991) as the main theory and the image scheme from Cruse and Croft's (2004) theory. The problems that discussed in this study are the types of conceptual metaphors used in children's literature and their image schemes. The results of the analysis found 26 conceptual metaphors with 1 ontological metaphor-nominative structure, 7 ontological metaphors-predicative structure, 9 ontological metaphors-calimative structure; 4 structural metaphors-nominative structure, 1 structural metaphors-predicative structures, 2 structural metaphors-calimative structure; 2 orientational metaphors-calimative structure. The image schemes found are 13 excistence schemes, 3 identity schemes, 3 scale schemes, 5 force schemes, 2 space schemes. Based on this analysis, it appears that the child's ability is stronger in conceptualizing events, emotional activities, and ideas as entities and substances, thoughts, experiences, and processes of abstract things are conceptualized to have a physical nature. This is directly proportional to the image scheme used, namely excistence scheme is more dominant to understand something abstract.

Abstrak: Penelitian ini merupakan suatu analisis semantik kognitif dan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diambil dari delapan cerita anak digital koleksi Ipusnas yang dapat diakses secara daring oleh anak saat pandemi. Teori yang digunakan adalah metafora konseptual dari Lakoff & Johnson (2004) dan Wahab (1991) sebagai teori utama serta skema citra dari teori Cruse dan Croft (2004). Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah jenis-jenis metafora konseptual yang digunakan dalam sastra anak dan skema citranya. Hasil analisis ditemukan sebanyak 26 data metafora konseptual dengan 1 metafora ontologis berstruktur nominatif, 7  metafora ontologis berstruktur predikatif, 9 metafora ontologis berstruktur kalimatif; 4 metafora struktural berstruktur nominatif, 1 metafora struktur predikatif, 2 metafora struktural berstruktur kalimatif; 2 metafora struktural berstruktur kalimatif. Skema citra yang ditemukan sebanyak 13 skema excistence, 3 skema identity, 3 skema scale, 5 skema force, 2 skema space. Berdasarkan analisis tersebut tampak kemampuan anak lebih kuat dalam mengonseptualisasikan kejadian, aktivitas emosi, dan ide sebagai entitas dan substansi. Pikiran, pengalaman, dan proses hal abstrak dikonseptualisasikan memiliki sifat fisik. Hal tersebut berbanding lurus dengan skema citra yang digunakan yaitu lebih dominan skema citra excistence untuk memahami sesuatu yang abstrak.


Keywords

Conceptual Metaphors; digital children's stories from the Ipusnas collection; Image Scheme

Full Text:

PDF

References

Burhan Nurgiyantoro. (2013). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak, Yogyakarta: GM U P.

Chaer, Abdul. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cruse, D. Alan dan Croft, William. (2004). Cognitive Linguistisc. Cambridge: Cambridge University Press

Dessiliona, T & Nur, T. (2018). Metafora Konseptual dalam Lirik Lagu Band Revolverheld Album In Farbe. Sawerigading, Volume 24 No. 2, Desember 2018, hlm. 177—184.

Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, 18 (1), 63–75.

Haula, B., & Nur, T. (2019). Konseptualisasi Metafora Dalam Rubrik Opini Kompas: Kajian Semantik Kognitif. Retorika: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya, 12(1), 25. https://doi.org/10.26858/retorika.v12i1.7375

Kövecses, Zoltán. (2014). Metaphor: A Practical Introduction. Oxford: Oxford University Press.

Lakoff, George dan Johnson, Mark. (2003). Methaphors We Live By .Chicago: The University of Chicago Press.

Nur, T. & Aulia, Z, N. (2020). Metafora Konseptual dalam Rubrik Unak-Anik Kahirupan Majalah Online Manglé : Analisis Semantik Kognitif. Lokabasa, Volume 11, No. 2, Oktober - 2020, hlm. 226-236.

Nurnaningsih. (2016). Metafora Alat-Alat Seksual, Aktivitas Seksual, dan Dampak Aktivitas Seksual dalam Serat Centini Karya Pakubuwono V . Disertasi. UNS

Pouscoulous, Nausicaa dan Tomasello, Michael. (2019). Early Birds: Metaphor Understanding in-3-year-olds. Journal of Pragmatics.

Saeed, Jhon I. (2003), Semantics. Oxford: Blackwell Publisher Ltd.

Subroto, Edi. (2007). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Konsep Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sukarno. (2017). Makna dan Fungsi Ungkapan Metaforis dalam Wacana Hukum Pada Surat Kabar Harian Jawa Pos. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 17, Nomor 1, April 2017, hlm. 15-28

Sukriyah, Siti, Sumarlam, dan Djatmika. (2018). Kohesi Leksikal Sinonimi, Antonimi, dan Repetisi Pada Rubrik Cerita Anak, Cerita Remaja, dan Cerita Dewasa Dalam Surat Kabar Harian Kompas. Arkais, Vol. 30, No. 2, Desember 2018, hlm. 267-283

Sumarlam . (2017). Pemahaman dan Kajian Psikolinguistik. Solo: Bukukatta.

Tussolekha, R.( 2015). Mekanisme Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Satu dan Lima Tahun. Jurnal Pesona, Vol. 1 (2). 59-70.

Wahab, Abdul. (1991). Isu Linguistik : Pengajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Airlangga University Press.

Wiradharma, Gunawan & Afdol Tharik W.S. (2016) Metafora dalam Lirik Lagu Dangdut: Kajian Semantik Kognitif. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (1), 5-14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.