Nilai Religius Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sastra Di Sekolah Menengah Atas

Bety Ayu Windi Ariyanto, Sri Wahono Saptomo, Sri Muryati

Abstract

Abstract: Novels as teaching materials become a means of introducing positive values and internalizing good values into student behavior through good learning, one of which is religious values. Positive religious values are reflected in Tere Liye's novel Hafalan Shalat Delisa. The purpose of this study was to find the religious values contained in Tere Liye's novel Hafalan Shalat Delisa and the implementation plan of learning in relation to literature learning in high school. The method used in this research is descriptive qualitative, the data source is in the form of story quotes in Tere Liye's novel Hafalan Shalat Delisa which contains religious values, character education values and the overall contents of the story in order to determine the religious and character aspects contained in the story with the novel. Hafalan Shalat Delisa by Tere Liye as the main data source. The results of the analysis show that the novel Hafalan Shalat Delisa by Tere Liye contains a high religious value, this is evidenced by the discovery of the content of aspects of education in aqidah, morals and sharia which are good for implication in learning so that it affects students both from words and actions by putting them in the implementation plan learning.

Abstrak:  Novel sebagai bahan ajar menjadi salah satu sarana pengenalan nilai-nilai positif dan melakukan internalisasi nilai yang baik ke dalam perilaku  peserta didik melalui pembelajaran yang baik, salah satunya nilai agama. Nilai agama yang positif tercermin dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan nilai-nilai religius yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dalam kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif, sumber data berupa kutipan-kutipan cerita dalam novel  Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye yang mengandung nilai religius, nilai pendidikan karakter dan keseluruhan isi ceritanya guna mengetahui aspek religius dan karakter yang terdapat dalam cerita tersebut dengan novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye sebagai sumber data utama. Hasil analisis menunjukkan bahwa novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye mengandung nilai kegamaan yang tinggi, hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya kandungan aspek pendidikan aqidah, akhlak dan syariah yang baik untuk diimplikasikan dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi diri siswa baik dari perkataan maupun perbuatan dengan menuangkannya dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.

Keywords

Religious Values; Delisa Prayer Novel; Learning Implementation Plan

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A. (2019). Nilai Pendidikan Novel Sri Rinjani Karya Eva Nourma Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 165–169. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i5.851

Aisyah, S., Priyadi, A. T., & Wartiningsih, A. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Yang Tercermin Dalam Novel Mimpi Anak Pulau Karya Abidah El Khalieqy. UNTAN.

Arisanti, D. (2017). Implementasi Pendidikan Akhlak Mulia di SMA Setia Dharma Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al Thariqah, 2(2), 206–225. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1046

Azhariansyah. (2009). Pendidikan Akhlak bagi Anak dan Pendekatannya. AL-BIDAYAH Jurnal Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahI, 1(1), 139–150.

Endraswara, Suwardi. (2008). Metodologi Penelitian Sastra, Epistimologi, Model, dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Fonna, R. C. (2018). Gambaran Kenakalan remaja pada Siswa di SMA Negeri 9 Banda Aceh. Jurnal Serambi PTK, V(2), 58–64.

Khakim, A., & Munir, M. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Yang Terkandung Pada Novel Dalam Mihrab Cinta Karya Habiburrahman El-Shirazy. Al-Murabbi.

Moleong, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Pinis, E., & Darmayanti, I. A. M. (2018). Analisis Penggunaan Media Buku Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Membuat Sinopsis Novel Remaja Indonesia Kelas Viii C Di Smp Negeri 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2), 183–197. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20609

Putri, N., & Mustofa, A. (2018). Nilai Relegius dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia dan implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajranya, 1–12.

Riyanti, A., & Setyami, I. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 10(2), 106. https://doi.org/10.26858/retorika.v10i2.4881

Sumara, D., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian Dan PPM, 4(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393

Syaepul Manan. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, XV(2), 1.

Utami, I. W. P., Sukirno, & Setyorini, N. (2017). Analisis Nilai Religius dalam Novel Antara Cinta dan Ridha Ummi karya Asma Nadia dan Rencana Pelaksanaannya Pembelajarannya di SMA. Surya Bahtera, 5(49), 773–779. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/5193/4747

Wa Mirna. (2019). Analisis Nilai –Nilai Pendidikan Dalam Novel “Kaki Saya Bulat” Karya Suharyo Widagdo. Jurnal Lingue : Bahasa, Budaya, Dan Sastra, 2(1), 88–95.

Yulianto, A., Nuryati, I., & Mufti, A. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia. Tabasa, 53(9), 1689–1699.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.