Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Teks Novel Secara Daring Kelas XII Tahun Pelajaran 2020/2021 (Studi Kasus Di SMAN 1 Nguter Kab. Sukoharjo)
Abstract
Abstract: Online learning is online learning without face to face direcle between teachers and students but is carriedout online using the internet network teachers musi ensure that teaching and learning activities continue even at home during the covid season19 this research describes online learning using the learning process online in the Indonesia .language subjects at SMA 1 NGUTER durng the covid condition ,this online learning process used online media In indonesia language learning process used online media in Indonesia language learning. The purpuseofthe study was to provide information abaout online learning using online media subjects in Indonesia, on covid 19 conditions and how to evalute online leaening using online media for Indonesia language subjets t SMA N 1 NGUTER in covid 19 conditions,this reacseach .The primary data source of supporting data are character theory,and relevant research written by other authors these fidings show that use of online media during online learning Indonesia can be applied amidst the current learning problem with the state of Indonesia wichis affected by covid 19.
Abstrak: Pembelajaran daring merupakan pembelajaran daring tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang mengunakan jaringan internet .guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun dirumah selama pademi covid 19 Penelitian ini menjelaskan tentang Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Media online selama proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa indnesia di SMA NEGERI1 NGUTER. pada saat kondisi Kondisi Covid-19 proses pembelajaran daring ini menggunakan media online dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan media online .Mata Pelajaran dibahasa indonesia ,Pada Kondisi Covid-19 dan Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Daring dengan menggunakan media online Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA N 1 NGITER pada kondisi Covid-19. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer adalah wawancara yang dilakukan melalui Google Form. Sumber data pendukung adalah teori tokoh, dan penelitian yang relevan yang ditulis oleh penulis lain. Temuan ini menunjukan bahwa penggunaan media online saat pembelajaran daring di mata pelajaran Bahasa indonesia bisa diterapkan ditengah-tengah problematika pembelajaran saat ini dengan keadaan Indonesia yang terdampak Covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Daud, “Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial”, Vol. 17 No. 1 Januari-Juni 2020
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301
Diyan Permata Yanda, D. R. (2019). Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 16–30.
Efendi, S., Lubis, S. A., & Nasution, W. N. (2018). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan. Edu Riligia Journal, Vol 2(No 2), 265–275.
Ely Satiyasih Rosali. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots PadaKurikulum 2013. Edudeena Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Finogeev, A., Kravets, A., Deev, M., Bershadsky, A., & Gamidullaeva, L. (2018). Life-cycle management of educational programs and resources in a smart learning environment. Smart Learning Environments, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40561-018-0055-0
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Universitas Muhammadiyah Enrekang Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edupsycouns Journal, 2, 1–12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.