Strategi Mengeluh Online Shoppers Berbasis Gender: Sebuah Kajian Pragmatik

Nabila Auliya, Djatmika Djatmika, Wakit Abdullah

Abstract

Abstract: This research is aimed to describe complaining strategies expressed by male and female online shoppers towards the fashion products in Shopee shopping application. The data in this research are in the form of complaining utterances towards fashion products in Shopee application. The data source in this research is the comment section of the fashion product in Shopee application. Data were collected by note taking techniques, which were then analysed to see the utterances represents the pragmatic strategies performed by the shoppers in showing their complaints. The results show that male online shoppers used five complaining strategies and the female online shoppers used three complaining strategies to convey their pragmatic targets.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunan strategi mengeluh yang digunakan oleh online shoppers laki-laki dan perempuan dalam memberikan keluhan pada produk pakian dalam aplikasi Shopee. Data dalam penelitian ini merupakan data kebahasaan yang berupa tuturan-tuturan keluhan pada produk pakaian dalam aplikasi Shopee. Sumber data dalam penelitian ini adalah laman komentar yang terdapat pada produk pakian pada aplikasi Shopee. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode simak dengan teknik catat. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk melihat bagaimana para online shoppers itu mengeksekusi strategi pragmatiknya dalam mengutarakan keluhan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari 30 data yang ada online shoppers laki-laki menggunakan 5 jenis strategi mengeluh dan online shoppers perempuan menggunakan 3 jenis mengeluh untuk menyampaikan keluhanya.

Keywords

complaining strategies; male and female online shoppers; fashion products; shopee

Full Text:

PDF

References

Aisyiyah, Nasyiatul, Hartoyo, Diah Krisnatuti. 2019. Analisis Perilaku Komplain Online Shopping. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol. 12, No. 3, hlm 249-259.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Laudon, Kenneth & Traver (2017). E-commerce, Business, Technology and Society. New York: Prentice Hall.

Manaf, Ngusman Abdul. 2011. “Kesopanan Tindak Tutur Menyuruh dalam Bahasa Indonesia”. Jurnal LITERA, Volume 10, No.2 Oktober 2011. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negri Padang.

Ruslan,Chandra. 2013.Studi Deskriptif : Perilaku Komplain dan Motif Komplain Pelanggan Restoran di Hotel X Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol 02, No 01, hlm 1-10.

Rustono. 2000. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Press.

Susanto, Jonathan, Binerco Gunawan,& Sienny Thio. 2014. Perilaku dan Motivasi Terhadap Restoran-Restoran di Surabaya. JurnalHopitality dan Manajemen Jasa.

Searle, JR. 1979. Speech Act: an Essay in the Philosophy of Language. Cambridge: Cambridge Universitas Press.Spradley, J.P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Turban. E., King. D., Lee. J. K., Liang, T. P., and Turban, D.C., 2015. Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. 8th Ed.

Trosborg, Anna. 1995. Interlanguage Pragmatics: Request, Complaints and Apologies. Berlin: Mouton de Gruyter.

Van Dijk, J. 2013. The Network Society. London: SAGE Publications.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.