Makna Konotatif Pada Logo ‘Nindya Karya’ Berbasis Pendekatan Semiotik

Erin Bella Andini, Aceng Ruhendi Saifullah

Abstract

Abstract:  The title of the research “Makna Konotatif on the logo ‘PT. Nindya Karya’ Berbasis Pendekatan Semiotik”. This research aim is to examine the connotative meaning through semiotics approach on the ‘Nindya Karya’ logo. This research uses the semantics grand theory, which is John I Saeed (2016) and several supporting theories, and the semiotics theories of the Neal R. Norrick refer to the semiotics grand theory, which are Charles Morris and Pierce (1981). This research is using the qualitative research that includes literature study and the description of the research through the descriptive qualitative theory with examining the connotative meaning on the icon of PT. Nindya Karya. The researcher uses John Cresswell (2013) as the base reference of the qualitative research and it explains the draft of qualitative research and Djajasudarma theory as the hereinafter references. The result of the research shows that the connotative meaning which appeared is on the initial meaning aspects on the ‘N’ and ‘K’ on the icon PT. Nindya Karya. The researcher has only focused on the connotative meaning of the icon which has the biggest role in PT. Nindya Karya.

Abstrak: Penelitian ini berjudul “Makna Konotatif pada logo ‘PT. Nindya Karya’ Berbasis Pendekatan Semiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unsur makna konotatif melalui pendekatan semiotik pada logo ‘Nindya Karya’. Penelitian tersebut menggunakan grand theory Semantik, yaitu John I Saeed (2016) dan beberapa teori pendukung lainnya, serta teori Semiotik dari Neal R. Norrick dengan mengacu kepada grand theory Semiotik, yaitu Charless Morris dan Pierce (1981). Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif yang mencakup studi kepustakaan dan pendeskripsian gambaran melalui teori deskriptif kualitatif dengan meneliti makna konotatif pada ikon PT. Nindya Karya. Peneliti menggunakan teori John Cresswell (2013) sebagai acuan dasar penelitian kualitatif dan memaparkan rancangan penelitian kualitatif dan teori Djajasudarma sebagai teori rujukan selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna konotatif yang muncul adalah pada aspek makna inisial ‘N’ dan ‘K’ pada simbol PT. Nindya Karya. Peneliti hanya berfokus pada makna simbol dan konotatif yang mempunyai andil dan peran terbesar dalam PT. Nindya Karya. 

Keywords

Connotative Meaning; Logo; PT. Nindya Karya; Semiotics

Full Text:

PDF

References

Chaer, Abdul. 1990. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Norrick, R. Neal. 1981. Semiotic Principles in Semantic Theory. Amsterdam

Prayogi, Candra, dkk. 2019. Kajian Makna Pada Foto Karya Anton Ismael Research Study of Meaning on Photos by Mr. Anton

Ismael. Jurnal Seni & Reka Rancang Vol 1 (2) pp 239-260. https://file:///C:/Users/My%20Windows%207/Downloads/6744- 20021-1-SM.pdf. Diakses pada tanggal 07 Maret 2021

Saeed, John I. 2016. Semantics (second edition). Melbourne: Blackwell Publishing.

Saifullah, A.R. 2018. Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara

Saifullah, A.R. 2019. Semiotik dan Kajian Wacana Interaktif di Internet. Bandung: UPI Press

Sedyawati, Edi. dkk. 1994. Kosakata Bahasa Sansekerta dalam Bahasa Melayu MasaKini. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Smaradhipa, Galih. 2005. Bertutur dengan Tulisan

Wijayanti, I. (2019, Februari 2). Analisis Semiotika Logo PT. Wijaya TribwanaInternasional. Dikutip dari https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.